Perawan Remaja Dalam Cengkeraman Militer

Minggu, September 20, 2009

Perawan Remaja Dalam Cengkeraman MiliterPerawan Remaja Dalam Cengkeraman Militer by Pramoedya Ananta Toer

My rating: 2 of 5 stars


Softcover, 218 pages
Published 2001 by Kepustakaan Populer Gramedia
ISBN 9799023483 (ISBN13: 9789799023483)


Ini buku sudah lama dibeli (2006), tapi dibacanya 2009. Buku yang merupakan reportase oleh Pram mengenai wanita yang dijadikan pemuas nafsu tentara Nippon. Penelusurannya hanya terbatas pada wilayah Pulau Buru, berhubung ia dan tahanan politik lainnya ditahan disini.

paruh pertama buku ini masih enak dibaca. Kita dapat membayangkan betapa liciknya penjajahan Jepang memperdaya wanita Indonesia. Dengan diiming-imingi akan disekolahkan ke Jepang, diberikan pekerjaan, wanita-wanita yang kebanyakan anak pegawai terpandang di suatu desa di Jawa, dibawa berlayar. Namun, bagaimana kelanjutannya, sampai sekarang Dai Nippon tidak pernah mau mengakuinya.

Penuturan sedih wanita-wanita jugun ianfu tersebut direkam dalam catatan Pram ini. Kebanyakan mereka malu untuk kembali ke kampung halaman dan memilih menjadi warga adat Pulau Buru,

Paruh kedua buku ini agak membosankan. Pembaca disulitkan dengan kalimat yang melompat-lompat antara pelaku dalam cerita. Cerita menjadi tidak mengasyikkan manakala laporan perjalanan mencari seorang wanita mantan jugun ianfu tersebut tidak diikuti dengan alur yang menarik.

Yang penting selesai dibaca aja deh...saya sendiri tidak tertarik membacanya lagi..:)

You Might Also Like

1 komentar

  1. Saya dulu pinjam buku ini diperpustakaan sekolah waktu SMP. Dan lamaaaaa balikinnya soalnya awal-awalnya memang agak membosankan. Susah payah sekali membacanya hingga akhirnya bisa tamat juga. Selain itu mungkin karena font-nya kaku juga yah.. ;)

    BalasHapus