Thursday, October 27, 2011

[Bukan Review] Like Book Blog


Judul lengkap: Like Book Blog
Penulis: Helvry
Penyunting: Helvry
Model: Bukan Helvry
Penerbit: blogbukuhelvry.blogspot.com, 2011

Blog buku ini adalah blog saya setelah 'produk' blog saya di friendster (sudah lenyap postingannya), di blogspot (ada dua), dan di multiply. Pertanyaan yang saya terima berkaitan dengan blog buku ini adalah bagaimana awal mula berdirinya blog ini. Aktivitas blogging yang saya lakukan selama ini masih bertema bebas. Artinya, apa yang ada di benak saya, saya tuliskan pemikiran atau ide saya itu di blog. Ada satu kepuasan jika saya berhasil menulis satu tulisan. Saya akui, saya memang lebih suka menulis dibanding berbicara, karena pada dasarnya saya memang pendiam. <<---ngikik

Blog buku ini dibuat penyebabnya ada dua hal. Pertama, karena ada pooling dari Goodreads: Do you write a book blog? dan saya menjawab yes. Selama ini saya menulis review buku bercampur dengan review cerpen yang ada di blog ini. Selanjutnya pada salah satu thread di grup Goodreads Indonesia, Pak Tanzil membuat judul daftar blog buku Indonesia. Dan saya mendaftarkan blog saya di situ. Namun, blog saya di atas ditolak untuk bergabung di daftar blog buku Indonesia, karena masih bercampur dengan postingan yang tidak berkaitan dengan buku. Dari situ saya mulai memikirkan bagaimana membuat blog buku. Saya melakukan penelusuran pada blog-blog buku dari luar negeri, dan mencoba merancang pewajahan blog. Hasilnya seperti sekarang ini, walau masih berumur enam bulan, page ranknya sudah mencapai 2/10. Makin tinggi angkanya berarti blognya sering dikunjungi.


Wednesday, October 12, 2011

Dunia Sophie (Sophie's World)


Judul: Dunia Sophie
Judul asli: Sofie's Verden
Penulis: Jostein Gaarder
Penerjemah: Rahmani Astuti
Penyunting; Yuliani Liputo dan Andityas Prabantoro
Proofreader: M. Eka Mustamar
Ilustrator isi: Guntur
Edisi Gold Cetakan II, November 2010
Penerbit: PT Mizan Pustaka

Saya tidak punya referensi sebelumnya buku apa yang harus saya baca bila ingin tahu tentang filsafat. Pada suatu kesempatan di toko buku, perhatian saya langsung teralih dengan cover buku yang bagus ini. Saya memutuskan membeli buku ini setelah membaca endorsement Prof Franz Magnis-Suseno di cover depan: "Anda sudah lama ingin tahu apa filsafat, tetapi selalu tidak sempat, terlalu kabur, terlalu abstrak, terlalu susah, terlalu bertele-tele? Bacalah buku manis ini dimana Sophie, anak putri 14 tahun, menjadi terpesona karenanya." Maka harapan saya akan membaca buku ini adalah ingin mengetahui apa sih filsafat itu?

Pengertian Filosofi/Filsafat
Filsafat dijabarkan dari philosophia. Perkataan ini berasal dari Bahasa Yunani, dan berarti “cinta akan kebijaksanaan” (love of wisdom). Menurut tradisi, Pytagoras atau Sokrateslah yang pertama-tama menyebut diri Philosophus, yaitu sebagai protes terhadap kaum Sophist , kaum terpelajar pada waktu itu yang menamakan diri “bijaksana”, padahal kebijaksanaan mereka itu hanya kebijaksanaan semu belaka. Karena luasnya filsafat, maka tak akan ada orang yang mampu menguasainya dengan sempurna. Sebab itu, orang yang ingin menguasai filsafat, menamakan dirinya filsuf saja.

Wednesday, October 5, 2011

The Four Fingered Pianist


Judul:The Four Fingered Pianist
Penulis: Kurnia Effendi
Penyunting: Hermawan Aksan; Suhindrati a. Shinta
Penyelaras aksara: Gita Romadhona, Nani
Pewajah Sampul: Windu Budi
Penata Letak: Alia Fazrillah
Penerbit: Hikmah (PT Mizan Publika) April 2008
ISBN: 9789791141512

Saya mengira buku ini adalah buku tentang musik karena melihat judulnya The Four Fingered Pianist. Saya juga mengira di dalamnya akan dibahas tentang karya-karya para pemusik yang dimainkan oleh pianis. Ternyata dugaan saya tidak sepenuhnya benar. Buku ini lebih menceritakan bagaimana keras dan sulitnya hidup. Kenyataan hidup seringkali begitu kejam tanpa pernah berkompromi.

Hee Ah Lee dan ibunya, Woo Kap Sun adalah tokoh sentral buku ini. Hee Ah Lee yang terkenal dengan pianis 4 jari (The Four Fingered Pianist) terlahir di dunia pada 9 Juli 1985 di Pusan, Korea Selatan. He Ah Lee adalah putri yang dinanti-nantikan oleh Woo Kap Sun dan Wun Bong Lee dalam 7 tahun perkawinan mereka. Profesi Woo Kap Sun sebagai perawat itulah yang mempertemukan dirinya dengan Wun Bong Lee, dimana saat pecang perang Korea, Wun Bong Lee yang bekerja sebagai tentara, terluka dan dirawat oleh Woo Kap Sun. Bahtera perkawinan mereka benar-benar diuji. Sebagai seorang suami, Wun Bong Lee tidak dapat bekerja selayaknya kepala rumah tangga. Akibat sakitnya, Bong Lee mengalami kelumpuhan yang menyebabkan ia hanya berbaring di tempat tidur. Woo Kap Sun terus bekerja sebagai perawat. Seperti umumnya perawat, ada jadwal bertugas pagi-siang-malam. Seringkali Kap Sun mengalami pusing jika bertugas malam, karena itu ia meminum obat pereda rasa sakit kepala. Ia tidak menyadari bahwa telah ada janin di rahimnya, dan ia masih mengonsumsi obat sakit kepala. Dokter dan keluarga besar telah menyarankan agar menggugurkan janin itu, sebab telah terdeteksi bahwa Kap Sun akan melahirkan bayi yang cacat. Namun ia tetap mempertahankan bayinya.

Monday, October 3, 2011

Kisah Abrukuwah


Judul: Kisah Abrukuwah
Pengarang: Sori Siregar
Ilustrasi dan Desain Sampul: Rully Susanto
Penerbit: PT Gramedia, 2003
Tebal: 138 halaman

Salah satu kenikmatan membaca kumpulan cerita pendek menurut saya adalah saya mendapat berbagai permenungan dari satu penulis. Kemahiran penulis menampilkan persoalan dalam kurang lebih 1500 kata menurut saya adalah hal yang luar biasa. Sori Siregar memotret kehidupan nyata dalam sebuah cerita. Mungkin hal itu disebabkan profesinya sebagai wartawan yang banyak menyaksikan peristiwa dan dekat dengan kehidupan masyarakat.

Buku ini berisi sepuluh cerpen terpilih karya Sori Siregar. Semuanya telah dimuat pada media cetak nasional dalam kurun waktu`1994 s.d.2001. Cerpen pertama tentang seorang wartawan yang dinterogasi aparat. Saat itu ada isu yang beredar adalah ada gerakan yang diduga mengancam kehidupan bangsa. Abrukuwah, nama wartawan itu dimintai keterangannnya. Sebagai wartawan, ia ditakuti aparat karena wartawan bisa saja akan menulis apa saja yang dialami selama pemeriksaan, Situasi terakhir menunjukkan bahwa pemeriksaan oleh aparat selalu ada unsur kekerasan.

Cerpen-cerpen Sori menunjukkan realita. Pada cerita Bram, pertanyaan tentang pekerjaan yang sedang digeluti selalu menjadi topik menarik bagi suatu perkumpulan reuni almamater. Pilihan pekerjaan yang mungkin berbeda oleh orang kebanyakan, menjadi sorotan Sori. Pada cerita Makam, lebih unik lagi. Sori menggambarkan sebuah mitos di sebuah wilayah, dimana ada makam yang dibuat keramat oleh warga. Menurut isu,ada kontraktor yang ingin menggusur tanah dimana ada makam itu. Dengan skenario cerdik, akhirnya makam itu dipindahkan.

Buku ini cukup tipis dan berukuran kecil. Baca pelan-pelan, ada pelajaran di tiap cerpen Sori ini. Selamat membaca.

Sori Siregar dilahirkan di Medan, Sumatera Utara, 12 November 1939. Nama lengkapnya ialah Sori Sutan Sirovi Siregar. Ia mengikuti International Writing Program di Iowa University, Amerika.