[Bukan Review] Like Book Blog 2

Selasa, Oktober 30, 2012

sumber: dari sini
Bila saya ditanya: Apa sih blog itu? sebenarnya saya juga tidak bisa menjawab dengan pasti, karena saya juga bingung pengertian blog itu apa dan sekarang saya sedang malas untuk mencarinya di google. Perkenalan saya dengan dunia bloging adalah ketika suka membaca postingan-postingan dari kakak kelas saya yang sekantor. Saya kagum dengan mereka yang dengan latar belakang bukan pendidikan jurnalis atau dunia tulis menulis, tetapi apik dalam menulis. Setelah itu saya merasa dunia tulis menulis serasa dekat tanpa perlu ada yang menjudge tulisan kita bagus atau tidak.

Sejak 2006, saya membuat akun di blogger.com, berhubung postingannya hancur-hancuran tidak akan saya berikan tautannya, kecuali jika Anda berkenan mencarinya di jagat maya ini <<sesuatu yang tampaknya penting. Tahun 2007, saya membuat akun di multiply, dan mulai merasakan nikmatnya membloging dengan teman-teman sejejaring. Saya mengenal istilah blogwalking karena kita dapat mengetahui update-an dari contact kita. Saya pikir, saya akan betah di sana, karena suasana tersebut ditambah dengan berbagai fitur seperti membuat album foto, video, review, dan postingan biasa (berupa tulisan). Namun nanti per Desember 2012 nanti, blog multiply saya akan dihapuskan dan berpindah ke sini


sumber: dari sini
Berkenalan dengan dunia buku sebenarnya belumlah terlalu lama. Saya salut dengan teman-teman yang sudah mulai mengoleksi buku, komik dari usia yang sangat belia. Dari kecil, toko buku di kota saya tidaklah tersedia, sumber bacaan yang berharga dan membekas di kala saya kecil adalah Majalah Bobo. Tanpa Bobo, saya tidak berkenalan dengan dunia anak-anak di luar sana. Proud to my parents. Selebihnya adalah bacaan-bacaan ayah saya. Saya bisa mengingat dengan persis buku-buku ayah saya di rak lemari tingkat berapa dan di susunan yang mana. Dan buku yang masih saya ingat dibelikan oleh ayah saya adalah buku percobaan Kimia, Fisika yang mengasyikkan terbitan PT Gramedia (kalau tidak salah).

Bertemu blogger buku? ini juga kisah tersendiri. Berawal dari rajin mereview di goodreads, saya menaruhnya juga di kolom review di multiply maupun di blog saya lainnya. Sebelum ada ajakan untuk bergabung di blogger buku Indonesia, saya masih berpikir ulang jika harus membuat blog yang berisikan review buku-buku, mengingat produktivitas membaca saya yang masih rendah. Hal itu semakin 'diperparah' dengan jumlah menulis review. Masih belum sebanding dengan buku yang dibaca. Namun, jika tidak memulai, maka tidak akan ada perbaikan.

Cerita tentang bagaimana saya bergabung dengan blogger buku Indonesia, sudah saya tuliskan setahun yang lalu, di judul postingan  Like Book Blog. Hal yang menjadi mimpi adalah agar blog buku saya mencapai 1.000 postingan yang isinya review buku!  Namun, sekalipun saya bisa menghasilkan 1 juta review, tetapi tidak ada yang membaca, itu sama saja dengan emas yang dibuang ke lumpur, yang tak terlihat kilau cantiknya. Karena itu,  berjejaring dengan teman-teman blogger adalah pilihan sangat jitu memperkenalkan buku pada segenap pecinta buku, maupun yang masih dalam tahap awal mengenal buku.

sumber: dari sini
Dalam hal menulis, serasa ada kepuasan menulis review buku. Bagi saya, hal itu membuat bahagia. Apalagi berhasil 'menaklukkan' buku-buku yang tergolong tua, seperti Max Havelaar atau buku nonfiksi seperti Krakatoa-nya Simon Winchester . Menulis review buku itu bisa berminggu-minggu, yang bisa menyebabkan browsing kemana-mana dan mengunduh beberapa artikel maupun jurnal-jurnal. Dengan demikian, saya merasakan jangkauan dunia membaca saya menyerempet bukan lagi ke buku-buku populer, melainkan ke sumber-sumber yang mungkin tidak terpublikasi di toko buku.

Bertemu di dunia maya dengan para blogger buku, akhirnya membuka mata saya akan kehadiran ratusan bahkan ribuan buku yang mungkin belum pernah saya baca. Ketika membaca review teman-teman tersebut, terkadang saya merasa membaca semuanya, terkadang saya tertawa, terkadang saya merenung, terkadang saya penasaran, dan terkadang lainnya. Dan blogroll di sisi kanan blog ini adalah alat bantu saya untuk berjalan-jalan ke dunia 'lain' melihat ide-ide teman-teman blogger buku yang tertuang dalam tulisan. And It's make me happy. Jadi menurut saya, definisi membaca buku pun dapat diturunkan menjadi membaca review. Sebab tujuan utama membaca menurut F. Bacon yaitu:

 "Kita membaca bukan untuk menentang atau membantah, bukan untuk percaya dan menganggapnya benar, bukan untuk mendapatkan pembicaraan atau pembahasan, melainkan untuk menimbang dan memikirkan. Beberapa buku harus diuji, yang lain harus ditelan saja, serta beberapa yang lain perlu dikunyah dan dicernakan."
Lalu buat apa kita menulis?
Untuk menyebarkan. Untuk diketahui orang. Untuk Sejarah. Untuk kewarasan. Untuk berbagi hidup.



sumber: dari sini


Selamat Hari Blogger Nasional 27 Oktober 2012

PS. Tulisan ini dibuat dalam rangka hari Blogger Nasional.
Posting bersama dengan Blogger Buku Indonesia | @BBI_2011






You Might Also Like

41 komentar

  1. Wah, Bang Epi punya emot lucu2 :D.
    Setuju sama bagian kita menulis review untuk mengenalkan buku yang kita baca ke orang lain, agar orang itu baca. Menurutku, udah kayak kebahagiaan sendiri pas orang baca buku karena review kita :')
    (tapi kalau review yang kasih bintang cuma 1 atau 2, bukan berarti kita black campaign untuk buku itu kan yaaa :|)

    BalasHapus
  2. suka dan setuju sama kutipannya F.Bacon itu. :)

    BalasHapus
  3. kaosnya lucu... Bang Epi kayak gitu juga ya di bathroom? :c

    BalasHapus
  4. kalau dulu aku buat blog buku salah satunya biar makin rajin baca dan review, walau ternyata masih parah -_-" dan kenapa setuju dengan alasan kenapa harus menuliskannya :)

    BalasHapus
  5. @ren: setuju ren, gimanapun tiap buku punya rating berbeda di tiap pembacanya. Lagian terlalu murahan lah kita campaign yang jelek, mendingan campaign diri sendiri aja :c :o

    @alvina: *toss* :q

    @desti: wah mbak desti juga hebat kecepatan mereviewnya, saluut :n :n kadang sih seperti itu di toilet, tapi susah juga, karena satu tangan buat megangin, satu buat ngetik..capee :c :c

    BalasHapus
  6. bang, ayo kopdar lagiii belanja di kinokuniya huahahaha...btw, jadi semangat googling blog "jaman dulu" nya hihihihi *evil grin*

    BalasHapus
  7. @inge: tetap semangat ya Bumil, gunanya kita berjejaring biar ngasih semangat dan disemangatin, hehehe

    BalasHapus
  8. berkat BBI jadi tau kalo bang Helvry kalo nulis sangat sangat detaill dan nggak kalah sama seorang jurnalis :))

    BalasHapus
  9. @astrid: waaah dasar member Bajay..:c :c yuk ayuk ke kinokuniya lagihh

    BalasHapus
  10. @Sulis: trimakasih apresiasinya yah, saya minta diajarin rahasia menang kuis dong :o :o

    BalasHapus
  11. Kalo mau pesen kaos begituan dimana bang? *salah fokus lagi*

    Selalu terkagum2 baca blog bang Helvry karena buku2nya unik, tdk pasaran, dan ulasannya mendalam dengan sumber data nan mendetail. Seperti membaca sebuah karya tulis saja, tapi karya tulis ini repiu buku dan ditulis dengan seru dan tidak kaku.
    Lanjutkan bang

    BalasHapus
  12. Wooo bang Epi ini BBI-er yg reviewnya biasanya panjaaaaaaang bin lengkaaap. Research-nya perlu diacungi jempol. :q

    "Lalu buat apa kita menulis?
    Untuk menyebarkan. Untuk diketahui orang. Untuk Sejarah. Untuk kewarasan. Untuk berbagi hidup." Yuk mareeee

    BalasHapus
  13. Mari mas Dion kita bikin kaos seperti itu :o

    waaah dipuji sama Dion sesuatu banget nih :c semoga semesta menguatkan saya :k

    BalasHapus
  14. @Melisa:
    Jempol juga bagi para blogger buku klasik :q :q

    yuk marii bagi-bagi buku #eh

    BalasHapus
  15. Samaan. Suka baca reviewnya bang Helvry yg kliatan banget niat risetnya. Salut sama rajinnya, bang

    BalasHapus
  16. Aku selalu kagum baca tulisannya Bang Epi, apalagi klo udah pake sumber2 macam wikipedia, dll. Hiks.. *menatap blog yg udah lama ga diupdate*

    BalasHapus
  17. :q deh, tulisannya keren, review2nya juga keren. Salam buku :s

    BalasHapus
  18. loh emotnya kok jadi beda :e

    BalasHapus
  19. @Dewi: wahahaha..trimakasih mba Dew :d
    daah aku juga bungkuk menjura pada reviewnya mbak Dewi, bisa mengalir idenya seperti itu rahasianya apa to mbak? :n

    BalasHapus
  20. @Monic: wah mbak yang satu ini emang paling bisa...kemana aja tuh blognya jarang diupdate? *padahal saya juga jarang* :o

    BalasHapus
  21. @bzee: salam buku :s :s
    sorry sebelumnya ada kesalahan coding, udah diperbaiki kok :a

    BalasHapus
  22. Kadang aku menipu diri sendiri: "Max Haavelar itu uda aku baca kok.. dari review mas Helvry."

    Haha, abisnya dg membaca review super lengkap jadi bisa ikut memahami buku itu.. :P

    PS: Blog multiply-ku juga pindah ke wp

    BalasHapus
  23. keren banget tulisannya mas :). Suka kutipannya di atas itu :)

    BalasHapus
  24. Templatenya ganti lagi yak? atau aku yang dah lama nggak main ke sini sampai lupa ma template yang terakhir gimana. hehe

    kyaa, ada potongan gambar The Fantastic Flying Books of Mr Morris Lessmore. Udah liat semuanya? keren yak.

    hhmm..pantes, beberapa bulan kemarin buku-buku yang direview bahasannya berat semua. Ternyata dah dijadiin target toh. :s

    BalasHapus
  25. Di sini salah satu tempat yang jadi rujukan untuk menambah daftar wishlist. Meski reviewnya sering puanjang dan bikin mata senewen, tapi selalu ada ilmu baru yang ditemukan setelah baca reviewnya :D

    BalasHapus
  26. Wah... postingannya wak Helvry bikin aku speechless...

    Aku tuh rajin wak dateng ke blog-mu. Tapi males ninggalin jejak :o

    Suka salut sama review dan risetmu wak. Reviewmu itu berbobot banget gitu...

    BalasHapus
  27. Dulu saya juga berteman dengan Bobo.. :c

    BalasHapus
  28. Bang helvry ini reviewnya selalu komplit plit plit and sangat informatif :)

    BalasHapus
  29. @Oky: waaah tetangga MP pindah WP juga :q *salaman*

    jadi kalau ada buku-buku tua, kasih tau yah...kali aja aku sedang error buat ngereviewnya :a

    BalasHapus
  30. Enggar: waah saya seharusnya berguru pada penulis yang sudah kesohor seperti mbak enggar :a :a

    BalasHapus
  31. @Ally: nemunya kemarin pas milih-milih gambar Al, malah belum liat semua The Fantastic Flying Books of Mr Morris itu :a

    Buku-buku yang ditarget emang dikasih perlakuan khusus, syukurnya buku-buku yang ditarget umumnya kurang populer direview orang lain, jadinya hasil pencarian buku itu selalu mengarah kemari :c :c

    BalasHapus
  32. @sinta: waah saya salut juga dengan mbak sinta bisa bagi waktu menulis, membaca, dan mengurus rumah tangga, ibu juaraaa :n :n

    BalasHapus
  33. @Putri: ah wak utie ini, males ninggalin jejak, karena aku juga males ninggalin jejak di tempatmu ya wak..okelah wak..sering-sering aku ke sana :c :c

    BalasHapus
  34. @Mom Wilda: selamat buat Bobo, kelinci yang selalu anak-anak :a

    BalasHapus
  35. @Annisa: Waah terimakasih teh nisa, aku juga salut dengan bacaanmu euy..beragam pisan..nulis reviewnnya juga konsisten. Toop dah :q

    BalasHapus
  36. Agree 1 million times with these post, membaca dan menulis bukan sekedar keisengan bahkan menjadi suatu kebutuhan agar sebagai penikmat buku kita bisa meluaskan wawasan serta wacana pribadi, jika hanya 'dipendam' untuk diri sendiri, lama-lama malah bisa busuk di dalam, lebih baik bibitnya disebar supaya tumbuh di lahan-lahan lain, nah disiplin sebagai blogger ini tantangan tersendiri spy bibit-bibit itu jadi tumbuhan yang berguna sepanjang masa. Thanks juga atas warm-welcome wkt aq pertama join, apalagi kena trouble di blog, sdh putus asa, ada yang berbaik hati menolong :D

    BalasHapus
  37. suka banget dengan kutipan mbak ini:
    menulis bukan sekedar keisengan bahkan menjadi suatu kebutuhan agar sebagai penikmat buku kita bisa meluaskan wawasan serta wacana pribadi, jika hanya 'dipendam' untuk diri sendiri, lama-lama malah bisa busuk di dalam, lebih baik bibitnya disebar supaya tumbuh di lahan-lahan lain.

    mari menulisi jagat maya ini dengan kata-kata :d

    BalasHapus
  38. Sdh lama ga jalan2 ke sini .. :)
    baca review2 Helvry serasa baca bukunya sendiri malah kadang banyak nambah pengetahuan karena suka ditambah gambar dan sumber lainnya asiik..walau kadang hbs bacanya kecapean :))
    Semangat Vry...!

    BalasHapus
  39. @ceu nanny: aduuh saya jadi tersanjung :h
    nuhun pisan ceu, sering-sering kemari yaa :d

    BalasHapus
  40. ada juga tulisan "bukan review" :o
    nice.asyik juga suatu saat bisa saling kumpul.

    BalasHapus
  41. @Ani: iyaa..ini kategori itu menampung tulisan yang "warnasari" hehehe
    makasih sudah berkunjung yaa :q :q :q

    BalasHapus