Tuesday, October 30, 2012

[Bukan Review] Like Book Blog 2


sumber: dari sini
Bila saya ditanya: Apa sih blog itu? sebenarnya saya juga tidak bisa menjawab dengan pasti, karena saya juga bingung pengertian blog itu apa dan sekarang saya sedang malas untuk mencarinya di google. Perkenalan saya dengan dunia bloging adalah ketika suka membaca postingan-postingan dari kakak kelas saya yang sekantor. Saya kagum dengan mereka yang dengan latar belakang bukan pendidikan jurnalis atau dunia tulis menulis, tetapi apik dalam menulis. Setelah itu saya merasa dunia tulis menulis serasa dekat tanpa perlu ada yang menjudge tulisan kita bagus atau tidak.

Sejak 2006, saya membuat akun di blogger.com, berhubung postingannya hancur-hancuran tidak akan saya berikan tautannya, kecuali jika Anda berkenan mencarinya di jagat maya ini <<sesuatu yang tampaknya penting. Tahun 2007, saya membuat akun di multiply, dan mulai merasakan nikmatnya membloging dengan teman-teman sejejaring. Saya mengenal istilah blogwalking karena kita dapat mengetahui update-an dari contact kita. Saya pikir, saya akan betah di sana, karena suasana tersebut ditambah dengan berbagai fitur seperti membuat album foto, video, review, dan postingan biasa (berupa tulisan). Namun nanti per Desember 2012 nanti, blog multiply saya akan dihapuskan dan berpindah ke sini


sumber: dari sini
Berkenalan dengan dunia buku sebenarnya belumlah terlalu lama. Saya salut dengan teman-teman yang sudah mulai mengoleksi buku, komik dari usia yang sangat belia. Dari kecil, toko buku di kota saya tidaklah tersedia, sumber bacaan yang berharga dan membekas di kala saya kecil adalah Majalah Bobo. Tanpa Bobo, saya tidak berkenalan dengan dunia anak-anak di luar sana. Proud to my parents. Selebihnya adalah bacaan-bacaan ayah saya. Saya bisa mengingat dengan persis buku-buku ayah saya di rak lemari tingkat berapa dan di susunan yang mana. Dan buku yang masih saya ingat dibelikan oleh ayah saya adalah buku percobaan Kimia, Fisika yang mengasyikkan terbitan PT Gramedia (kalau tidak salah).

Bertemu blogger buku? ini juga kisah tersendiri. Berawal dari rajin mereview di goodreads, saya menaruhnya juga di kolom review di multiply maupun di blog saya lainnya. Sebelum ada ajakan untuk bergabung di blogger buku Indonesia, saya masih berpikir ulang jika harus membuat blog yang berisikan review buku-buku, mengingat produktivitas membaca saya yang masih rendah. Hal itu semakin 'diperparah' dengan jumlah menulis review. Masih belum sebanding dengan buku yang dibaca. Namun, jika tidak memulai, maka tidak akan ada perbaikan.

Cerita tentang bagaimana saya bergabung dengan blogger buku Indonesia, sudah saya tuliskan setahun yang lalu, di judul postingan  Like Book Blog. Hal yang menjadi mimpi adalah agar blog buku saya mencapai 1.000 postingan yang isinya review buku!  Namun, sekalipun saya bisa menghasilkan 1 juta review, tetapi tidak ada yang membaca, itu sama saja dengan emas yang dibuang ke lumpur, yang tak terlihat kilau cantiknya. Karena itu,  berjejaring dengan teman-teman blogger adalah pilihan sangat jitu memperkenalkan buku pada segenap pecinta buku, maupun yang masih dalam tahap awal mengenal buku.

sumber: dari sini
Dalam hal menulis, serasa ada kepuasan menulis review buku. Bagi saya, hal itu membuat bahagia. Apalagi berhasil 'menaklukkan' buku-buku yang tergolong tua, seperti Max Havelaar atau buku nonfiksi seperti Krakatoa-nya Simon Winchester . Menulis review buku itu bisa berminggu-minggu, yang bisa menyebabkan browsing kemana-mana dan mengunduh beberapa artikel maupun jurnal-jurnal. Dengan demikian, saya merasakan jangkauan dunia membaca saya menyerempet bukan lagi ke buku-buku populer, melainkan ke sumber-sumber yang mungkin tidak terpublikasi di toko buku.

Bertemu di dunia maya dengan para blogger buku, akhirnya membuka mata saya akan kehadiran ratusan bahkan ribuan buku yang mungkin belum pernah saya baca. Ketika membaca review teman-teman tersebut, terkadang saya merasa membaca semuanya, terkadang saya tertawa, terkadang saya merenung, terkadang saya penasaran, dan terkadang lainnya. Dan blogroll di sisi kanan blog ini adalah alat bantu saya untuk berjalan-jalan ke dunia 'lain' melihat ide-ide teman-teman blogger buku yang tertuang dalam tulisan. And It's make me happy. Jadi menurut saya, definisi membaca buku pun dapat diturunkan menjadi membaca review. Sebab tujuan utama membaca menurut F. Bacon yaitu:

 "Kita membaca bukan untuk menentang atau membantah, bukan untuk percaya dan menganggapnya benar, bukan untuk mendapatkan pembicaraan atau pembahasan, melainkan untuk menimbang dan memikirkan. Beberapa buku harus diuji, yang lain harus ditelan saja, serta beberapa yang lain perlu dikunyah dan dicernakan."
Lalu buat apa kita menulis?
Untuk menyebarkan. Untuk diketahui orang. Untuk Sejarah. Untuk kewarasan. Untuk berbagi hidup.



sumber: dari sini


Selamat Hari Blogger Nasional 27 Oktober 2012

PS. Tulisan ini dibuat dalam rangka hari Blogger Nasional.
Posting bersama dengan Blogger Buku Indonesia | @BBI_2011






41 comments:

Post a Comment

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t

Tinggalkan JEJAK Anda sebagai penanda bahwa Anda membaca dan menimbang tulisan saya :)

----------Oooo---
-----------(----)---
------------)--/----
------------(_/-
----oooO----
----(---)----
-----\--(--
------\_)-