Saturday, March 31, 2012

Rumah Coklat


Judul: Rumah Coklat
Pengarang: Sitta Karina
Editor: Siti Nur Andini
Ilustrator: Irene Dewanto
Penata Letak: Wahid Hisbullah
Cetakan: I (Desember 2011)
Tebal: 226 hlm
Penerbit: Buah Hati
ISBN: 9786028663748

Inilah buku bergenre "Momlit" yang saya baca pertama kali. Sebelumnya saya memang sudah pernah mendengar genre momlit ini, dan saya penasaran dengan apa isinya. Ternyata..yah begitulah..untuk buku ini bercerita tentang kegundahan seorang ibu yang juga seorang pekerja dengan mimpi besar melihat perkembangan putra dan kehidupan rumah tangganya.

Membaca buku ini, saya disegarkan dengan betapa beratnya hidup sebagai seorang wanita pekerja yang sekaligus ibu seorang bayi. Tokoh sentral pada kisah ini adalah Hannah, bersama suaminya Wigra, dan putra semata wayang mereka, Razsya. Mereka bertiga tinggal bersama dengan ibu Hannah, Yani yang sudah menjanda. Bersama mereka juga tinggal seorang pengasuh Razsya yang baru berusia 16 tahun bernama Upik. Sekilas diceritakan oleh Hannah bahwa ia menyenangi Upik karena telaten mengurus Razsya dan karena alasan bahwa Upik satu kampung dengan eyang buyut Hannah di Jawa Tengah.

Friday, March 2, 2012

Sukarno, Orang Kiri, Revolusi & G30S 1965


Judul: Sukarno, Orang Kiri, Revolusi & G30S 1965
Kumpulan tulisan: Onghokham
Penyunting: JJ Rizal
Penyelaras: Martina Safitry & Fadly Kurniawan
Desain Isi: Sarifudin
Desain Sampul: Hartanto "Kebo" Utomo
Cetakan pertama: April 2009
Penerbit: Komunitas Bambu
Tebal: xii + 220 hlm
ISBN: 9793731524

Bahasan mengenai peristiwa 30 September 1965 (menurut Ong lebih tapat menggunakan tanggal 1 Oktober 1965) tidak habis-habisnya. Tidak adanya klarifikasi resmi dari para pelaku sejarah, membuat kita semakin terjebak dengan prasangka yang tidak berdasar. Upaya melakukan rekonstruksi sejarah bukan tidak dilakukan. Namun, dokumen-dokumen terkait sangat terbatas, serta orang-orang yang dianggap menjadi narasumber utama yang diharapkan memberikan titik terang pengungkapan sejarah masa lalu sudah tiada. Alhasil, peristiwa G30S ini menjadi masih tanda tanya besar apa dan bagaimana penyebabnya. Padahal dampaknya cukup nyata.