Saturday, November 22, 2014

Wishlist Books For Secret Santa 2014


Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apakah Secret Santa ini berhubungan dengan Santa Claus? atau apakah Secret Santa ini berhubungan dengan Natal? Jawabannya bisa ya, bisa tidak. Ya, karena Santa dan Natal merupakan tradisi yang biasanya saling berkaitan. Santa diceritakan adalah orang yang membagi-bagikan hadiah saat Natal. Dan menurut tradisi barat, adalah Santa Claus yang datang di malam Natal membagikan hadiah ke anak-anak dalam kaos kaki.
Nah, Secret Santa ini sebenarnya juga turunan dari tradisi membagikan hadiah. Dari Wikipedia, Secret Santa didefinisikan demikian:

Secret Santa is a Western Christmas tradition in which members of a group or community are randomly assigned a person to whom they anonymously give a gift. Often practiced in workplaces or amongst large families, participation in it is usually voluntary. It offers a way for many people to give and receive a gift at low cost, since the alternative gift tradition is for each person to buy gifts for every other person. In this way, the Secret Santa tradition also encourages gift exchange groups whose members are not close enough to participate in the alternative tradition of giving presents to everyone else.

Dari definisi di atas, ada beberapa hal yang menjadi unsur Secret Santa:

Pertama, memberi hadiah secara anonim. Di dalam suatu kelompok, setiap anggota saling memberi secara anonim kepada anggota lainnya. Hal inilah terletak unsur kerahasiaan pemberinya. Pada situasi ini setiap anggota yang memberi bingkisan, pasti tahu siapa sasarannya. Namun yang diberi, tidak tahu siapa pemberinya.

Kedua, bingkisan tersebut pada harga murah (low cost). Tentu saja nilai disini bukan terletak pada semurah/semahal apa bingkisan yang akan diberi. Namun mengembangkan nilai berbagi. Bingkisan Low cost memberi pelajaran, agar jangan ada yang merasa sombong karena memberi barang yang mahal dan akhirnya menghilangkan esensi dari berbagi tadi.

Ketiga, memberi kepada orang yang tergolong tidak dekat. Mungkin menjadi hal biasa jika kita memberi pada orang dekat. Tetapi jika kita memberikan kepada orang yang belum dekat dengan kita, tentu perlu "perjuangan" ekstra bukan? Kita harus berpikir untuk menentukan apa yang kita beri bukan? Hal ini memberi pelajaran untuk menjalin hubungan serta membangun relasi baru dengan orang-orang yang belum dekat dengan kita.

Mengadopsi hal-hal di atas, Blogger Buku Indonesia sudah menjalankan tradisi berbagi (buku) dari dulu. Dengan mengkhususkan bingkisan berupa buku, para anggota BBI diharapkan mengenal satu sama lain lewat apa yang menjadi book wishlist sasaran mereka.

Saya mengucapkan terima kasih kepada Divisi Event BBI yang turut memikirkan bagaimana mekanisme terbaik terselenggaranya acara ini. Serangkaian aturan dibuat, pada dasarnya bukan untuk mengekang atau membuat acara ini menjadi tidak bebas. Namun, arahnya lebih agar tercipta keteraturan dan ketertiban dalam pelaksanaannya. Bayangkan untuk mengatur lebih dari 50 orang yang berpartisipasi, bukanlah perkara yang mudah. Untuk itu saya terima kasih kepada Divisi Event BBI. You rock!!!

Aturan main Secret Santa ada di sini
Daftar peserta Secret Santa ada di sini

dan inilah logo Secret Santa, lucu yaa :)



Baiklah, sebagai satu syarat yang harus saya penuhi, yaitu membuat wishlist agar Secret Santa saya dapat dengan mudah menemukan buku apa yang saya inginkan. Adapun wishlist ini hanyalah sebagai panduan kepada Secret Santa saya tentang jenis buku apa yang saya suka, yaitu: kumpulan cerpen, kumpulan puisi, filsafat, dan tentang sejarah dan budaya. Bila saya diberikan buku di luar wishlist ini juga akan sangat saya hargai.




Helvry's wishlist book montage

Malaikat Lereng Tidar
Perempuan Bernama Arjuna #2: Sinologi dalam Fiksi
Perempuan Bernama Arjuna: filsafat dalam fiksi
Kebudayaan di Nusantara: Dari Keris, Tor-tor sampai Industri Budaya
The Palace of Illusions
Abad yang Berlari
Sesuatu Indonesia: Personifikasi Pembaca yang Tak Bersih
Wastu Citra
Roro Mendut: Novel Sejarah versi Y.B. Mangunwijaya
Hikayat Batu-Batu: Kumpulan Cerpen
Membunuh Orang Gila: Kumpulan Cerpen
Jodoh: Kumpulan Cerpen
Panggilan Rasul: Kumpulan Cerpen
Malam Kelabu, Ilyana dan Aku: Kumpulan Empat Cerita Pendek
Jamangilak Tak Pernah Menangis
Mati Baik-Baik, Kawan
Sastra, Perempuan, Seks
Verandah of Violence: The Background to the Aceh Problem
Seulawah: Antologi Sastra Aceh
Sastrawan Indonesia: Pramoedya Ananta Toer, Nugroho Notosusanto, Abdul Hadi Wm, NH. Dini, Maman S Mahayana, Ramadhan K.H.


Helvry Sinaga's favorite books »



Jadi..saya ucapkan terima kasih sebelumnya kepada Santa saya, jangan susah-susah tebak-tebakannya yaa :)

Salam,

Helvry Sinaga
BBI 1301041

1 comments:

Post a Comment

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t

Tinggalkan JEJAK Anda sebagai penanda bahwa Anda membaca dan menimbang tulisan saya :)

----------Oooo---
-----------(----)---
------------)--/----
------------(_/-
----oooO----
----(---)----
-----\--(--
------\_)-