Monday, December 29, 2014

Posting Riddle Secret Santa 2014





Postingan ini mendadak saya buat di tengah tengah tugas yang mendesak di akhir tahun 2014 ini dengan perangkat seadanya.
Jadi, mohon maklum bentuknya acak acakan.

Pertama, saya mengucapkan terima kasih kepada Santa yang membelikan saya buku Remy Sylado ini. Bukunya tebal dan sarat dengan pengetahuan. Menghabiskan novel setebal lebih dari 500 halaman ini tentu butuh waktu dan konsentrasi ekstra di tengah jam baca saya yang sedang tiarap ini.


Kedua, saya juga mengucapkan terima kasih pada #bukansanta yang turut membaca postingan wishlist saya di blog ini, dimana ia juga mengirimkan buku Remy Sylado juga yang berjudul "Perempuan Bernama Arjuna" Jilid 1 dan Jilid 2nya. Sungguh saya mengucapkan terima kasih, karena kedua novel karangan Remy tersebut sudah lama saya incar namun keberadaannya sangat sulit dicari di toko buku.



Langsung saja saya posting riddle yang diberikan Santa saya demikian:



Terima kasih Santa, saya akan membaca bukumu dan menebak siapa dirimu

Sunday, December 21, 2014

Ibu Pergi ke Surga by Sitor Situmorang





Buku ini merupakan kumpulan cerita pendek lengkap karya Sitor Situmorang. 23 Cerita pendek yang ditulis dalam kurun waktu Maret 1950 s.d. 1981. Cerita pendeknya ini dipengaruhi oleh kecintaan akan kampung halaman yang berlatar pengalaman dunia tradisi batak serta pengalamannya selama di Eropa. Lewat cerpen Fontenay Aux Roses, diketahui bahwa Prancis menjadi tempat Sitor muda menghabiskan waktu dengan mengobrol dan minum. Saat itu, sedang berkembang fisafat Eksistensialisme yang ditemukan oleh Sartre. "Saya hanya kena imbas" begitu ungkap Sitor dalam catatan editor, JJ Rizal.

Tuesday, December 16, 2014

Ghirah Gatha by Lan Fang







Bagi sebagian besar orang, (termasuk saya) memahami puisi adalah sesuatu yang sulit. Tantangan untuk  merasakan keindahan syair puisi adalah hal yang tidak mudah. Namun akhirnya saya sadar, bahwa pelajaran apresiasi terhadap puisi dari zaman sekolah dulu, tidaklah serius diajarkan. Yang saya ingat hanyalah bagaimana bentuk pantun, baris pertama dan kedua disebut sampiran, dan baris ketiga dan keempat disebut isi. Selain bentuk pantun, saya tidak ingat apapun lagi. Dan dulu ketika pesta tujuhbelasan, saya pernah mewakili SD untuk ikut lomba puisi. Tapi saya gagal untuk memahami kedalaman makna puisi. 

Dalam buku "The Complete Idiot's Guide to Critical Reading", pengertian puisi (poem) disarikan adalah a highly developed and imaginative expression of emotion". Dalam pengertian itu terkandung makna bahwa puisi merupakan bentuk ekspresi (dari manusia). Tak berlebihan juga mungkin bila hal yang membedakan manusia dengan hewan selain manusia dapat berpikir adalah manusia mampu berekspresi.