[Bukan Review] Like Book Blog

Kamis, Oktober 27, 2011

Judul lengkap: Like Book Blog
Penulis: Helvry
Penyunting: Helvry
Model: Bukan Helvry
Penerbit: blogbukuhelvry.blogspot.com, 2011

Blog buku ini adalah blog saya setelah 'produk' blog saya di friendster (sudah lenyap postingannya), di blogspot (ada dua), dan di multiply. Pertanyaan yang saya terima berkaitan dengan blog buku ini adalah bagaimana awal mula berdirinya blog ini. Aktivitas blogging yang saya lakukan selama ini masih bertema bebas. Artinya, apa yang ada di benak saya, saya tuliskan pemikiran atau ide saya itu di blog. Ada satu kepuasan jika saya berhasil menulis satu tulisan. Saya akui, saya memang lebih suka menulis dibanding berbicara, karena pada dasarnya saya memang pendiam. <<---ngikik

Blog buku ini dibuat penyebabnya ada dua hal. Pertama, karena ada pooling dari Goodreads: Do you write a book blog? dan saya menjawab yes. Selama ini saya menulis review buku bercampur dengan review cerpen yang ada di blog ini. Selanjutnya pada salah satu thread di grup Goodreads Indonesia, Pak Tanzil membuat judul daftar blog buku Indonesia. Dan saya mendaftarkan blog saya di situ. Namun, blog saya di atas ditolak untuk bergabung di daftar blog buku Indonesia, karena masih bercampur dengan postingan yang tidak berkaitan dengan buku. Dari situ saya mulai memikirkan bagaimana membuat blog buku. Saya melakukan penelusuran pada blog-blog buku dari luar negeri, dan mencoba merancang pewajahan blog. Hasilnya seperti sekarang ini, walau masih berumur enam bulan, page ranknya sudah mencapai 2/10. Makin tinggi angkanya berarti blognya sering dikunjungi.



Mimpinya lewat blog ini saya ingin berbagi atas apa yang saya baca. Saya mengamati bahwa keberadaan blog yang berisi buku masih belum begitu banyak. Saya tidak berani menyimpulkan apakah itu menunjukkan juga minat baca kita yang rendah? Dari sisi saya pribadi, dengan menulis review, saya memperoleh pengetahuan jauh lebih banyak daripada hanya membaca. Kegiatan browsing lebih lanjut untuk menggali lebih dalam tentang buku terkadang menjadi keasyikan tersendiri yang terkadang membuat postingan review menumpuk. Sampai dengan postingan ini diturunkan (Kamis, 27 Oktober 2011) masih ada dua draft review yang belum selesai, yaitu The Road oleh McCarthy dan Maya oleh Jostein Gaarder. Keduanya termasuk novel berat, agak susah mencernanya, tetapi sayang kalau dilewatkan begitu saja.

Selain itu, adanya jejaring Blog Buku Indonesia (BBI) semakin memberikan tempat di ruang pembaca untuk mengupas buku yang dibacanya. Dan menurut saya itu baik untuk mengedukasi si pembuat review maupun pengunjung blog. Satu hal yang membuat saya senang adalah hasil statistik yang menginformasikan bahwa rata-rata yang berkunjung ke blog buku ini melalui mesin pencari google. Kata kunci yang populer digunakan yaitu sejarah cut nyak dien, nyai dasima, dan sebagainya. Hal itu menunjukkan blog ini-walau masih sedikit-sudah memberikan kontribusi di dunia maya bagi para pencari informasi tentang buku.

Dan keuntungan lainnya adalah saya memiliki banyak teman yang memiliki hobi sama. Yaitu membaca dan memblogging. Saya justru banyak belajar dari mereka yang mampu membagi waktu antara aktivitas normal dalam artian bekerja, kuliah, dan aktivitas lainnya dengan membaca dan menulis review. Sebut saja Pak Tanzil, Mbak Fanda, Mbak Truly, Mbak Anik, Kak Mia, Teh Inne, Nophie, Sulis, Esy, Melissa, Annisa, Ally, Beatrice, Sinta, Ana, Mbak Ferina, Mbak Astrid, Kak Indah Juli, Mas Eko, Mas Dion, Mas Amang, dan masih banyak lagi. Saya diperkaya dengan buku yang mereka baca dan cara menulis review mereka. Suatu dampak lain berjejaring yang tidak saya duga sebelumnya.

Kalau ada kutipan yang mengatakan: "You Are What You Think", mungkin dapat diturunkan menjadi You Are What You write. Artinya apa hasil pemikiran itu dituliskan. Untuk apa? untuk dibagikan kepada orang lain, toh kita tidak akan pernah kekurangan jika berbagi. Karena itu saya pribadi mendorong bagi para pembaca agar membuat blog sendiri. Terus berusaha dan berlatih, sebab kita sendiri semuanya tidak akan pernah berhenti untuk belajar.

Akhirnya, kembali ke pertanyaan di atas: Do you write Book Blog? Absolutely: Yes!

Selamat hari Blogger Nasional Indonesia. Jayalah Blogger Indonesia

PS. Tulisan ini dibuat dalam rangka hari Blogger Nasional. Dan posting bersama dengan Blogger Buku Indonesia | @BBI_2011

@hws27102011

You Might Also Like

19 komentar

  1. yok sama2 kita mewujudkan mimpi menjadikan blog buku di Indonesia menjadi salah satu cara untuk meningkatkan minat baca di Indonesia, mari kita buktikan bahwa membaca buku adalah hal yang menyenangkan dan dunia buku adalah dunia yang penuh warna... :)

    BalasHapus
  2. Blognya Helvry emang nyenengin buat dipandangin, asik, kreatif, unik, warna-warni, dinamis, dan teknologis #eh

    BalasHapus
  3. @Om Tanzil: Yap betul Om, mari kita menjadikan blog buku sebagai sarana mencerdaskan.

    Trimakasih sudah mengenalkan blog buku pada saya :a

    BalasHapus
  4. @dion: Trimakasih mas Dion..saya memang nyenengin buat dipandangin :i

    #eh apa maksudnya ituh teknologis? :c

    BalasHapus
  5. membaca ini saya jadi berpikir, kita harus menjaga semangat kita lewat blog buku indonesia karena itu mungkin saja dpt mempengaruhi lebih banyak orang lain..mendrong mereka membaca..dan pasti indonesia jadi lebih baik :) #mimpisaya#

    BalasHapus
  6. ak juga suka tampilan blognya bang helvry, selain itu baru kali ini aku mendapatkan sebuah blog yang reviewnya lain daripada yang lain :)

    BalasHapus
  7. satu yang kugarisbawahi setiap baca ripiu helvry, puanjaaaaang :P tapi jujur, saya salut dgn observasi yang dilakukan sebelum menulis ripiu *observasi kan ya?*

    Sip! moga target 100 ripiu bisa tercapai *emang sekarang udh berapa?*

    BalasHapus
  8. Kl reviewnya pendek sih bukan review Helvry- Biar bacanya kadang ngos2an review Helvry tetep dicari :)

    BalasHapus
  9. @Sulis: terimakasih banyak lis, ini tampilan blognya amasih ngerasa belum fit. kayak masih ada yang kurang, hehehehe

    BalasHapus
  10. @sinta:terimakashi :h
    wah..berarti review panjang itu masih sedikit yah, padahal kalau panjang bukan review lagi namanya, mungkin tulis ulang, :c

    BalasHapus
  11. @ceu nanny: terimakasih ceu, cuman sekarang2 ini lagi stuck nulis review, mudah-mudahan segera kembali lagi moodnya.
    makasih sudah berkunjung ke sini ya ceu :a

    BalasHapus
  12. @althesia: semoga menjadi mimpi kita semua, supaya tetap mempertahankan semangat membaca dan menulis di blog. Pemikiranku juga demikian. Andaikan setiap minggu kita punya review 1, maka dalam setahun kita akan punya 52 review, lalu kalikan dengan jumlah blogger buku, bayangkan betapa kayanya sumber informasi yang bisa dimanfaatkan.

    BalasHapus
  13. aku kok baru baca postingan ini ya? hihi..Hidup BBI! =)

    BalasHapus
  14. iya, Helvry emang pendiam sih ... ihihihi :n

    BalasHapus
  15. gue juga buat buku www.galerybuku.com dan seperti u bro lagi mencerdaskan bangsa juga heheh cuman ya dalam bentuk komersial hehe.tetap berkreasi ok

    BalasHapus
  16. mantaplah Bro Mico,
    bagaimanapun kita harus tetap berkreasi...
    semoga sukses blog galerinya :a

    BalasHapus
  17. Asalamu'alaikum...
    salam kenal ya mba/mas...
    maaf mba/mas boleh ikut promosi ngga?? :)

    Di butik kami mngadakan ke-Agenan DROPSIT (NOL MODAL)lhooo...

    kami dari nahla fashion ingin menawarkan kerja sama untuk produk
    1.mazaya
    2.zenitha
    3.Qirani
    5.sik clothing
    6.Three-d celana+rok

    jika mba/mas berminat hubungi kami ya (Nahla care-Melia : 0853 2475 9031)??
    atau messages ke inbox kami....

    Ditunggu kerja sama nya.
    maaf mengganggu dan trima kasih (^_^)

    BalasHapus