Saturday, April 23, 2011

Kisah-kisah Tengah Malam


Kisah-kisah Tengah Malam
by Edgar Allan Poe, Maggie Tiojakin (Translator)
Softcover, 245 pages
Published December 28th 2010 by Gramedia Pustaka Utama (first published January 1st 2001)
ISBN139789792265378

Rasa takut apakah dibuat? apakah rasa takut itu hanya ada dalam pikiran? bagaimana jika rasa takutmu sudah pada puncak tertinggi? apakah takutmu akan sirna setelah maut menjelang?

Berikut pada buku ini adalah cerita pendek yang bertemakan horror dan misteri yang dikumpulkan secara terpilih. Sepertinya, untuk menambah kesan seram, dipilih angka 13 untuk jumlah cerpen yang dimuat. Sebenarnya ada banyak cerpen karangan Poe yang sudah siap dibaca secara online, dari sebuah web Online Literatur dot com terdapat 51 cerita pendek serta 60 puisi yang dimuat di Web. 13 diantaranya telah diterjemahkan kedalam buku ini, yaitu:



1. Gema Jantung yang Tersiksa (The Tell-Tale Heart)
2. Pesan dalam Botol (MS. Found in a Bottle)
3. Hop-Frog (Hop-Frog)
4. Potret Seorang Gadis (The Oval Portrait)
5. Mengarungi Badai Maelstrom (A Descent into the Maelstrom)
6. Kotak Persegi Panjang (The Oblong Box)
7. Obrolan dengan Mummy (Some Words with a Mummy)
8. Setan Merah (The Masque of the Red Death)
9. Kucing Hitam (The Black Cat)
10.Jurang dan Pendulum (The Pit and the Pendulum)
11.Pertanda Buruk (The Sphinx)
12.William Wilson (William Wilson)
13.Misteri Keluarga Usher (The Fall of the House of Usher)

Bagaimana Poe menyajikan cerita?
Berhubung ini adalah tema terpilih, jadi agak seragam model-model penceritaannya. Poe sering menggunakan "Aku" sebagai tokoh utama dalam cerita pendeknya. Tokoh Aku digambarkan memiliki pengalaman yang mendebarkan, cemas, namun seperti ketagihan dengan rasa penasaran, sebab takutpun sudah tak terlalu berguna lagi diikuti kemauannya. Rasa ingin tahu justru mengalahkan rasa takutnya. Hal itu tergambar dalam penokohan Aku di Gema Jantung yang Tersiksa, Kotak Persegi Panjang, Misteri Keluarga Usher.

Poe menceritakan si tokoh utama sangat dihantui dengan kematian, ketakutan, kekerasan, makhluk jahat, supranatural, imajinasi gelap. Contohnya pada karakter tokoh utama karena mendengar denyut jantung yang ia kenal-Gema Jantung yang Tersiksa-(hlm 16), si Setan merah membunuh satu persatu tamu yang jumlahnya 1000 orang-Setan Merah- (hlm 146 ), Dihantui pikiran buruk karena telah membunuh seekor kucing -Kucing Hitam- (hlm 156), Tokoh Aku cemas karena menunggu mayat Lady Madeline Usher bersama Roderick Usher-Misteri Keluarga Usher- (Hlm 238).

Ada tokoh yang secara status mengungguli orang lain, namun takluk pada satu kekuatan di luar dirinya yang akhirya membunuhnya yaitu Sang Raja pada Hop Frog, Pangeran Prospero pada Setan Merah, Wiliam Wilson pada Wiliam Wilson, Aku pada Jurang dan Pendulum.

Ada istilah Gothic yang digunakan Poe dalam ceritanya. antara lain dalam Misteri Keluarga Usher, petikannya sebagai berikut, ...mengambil alih kudaku dan membiarkanku masuk ke rumah, melewati lorong yang dipayungi gerbang bernuansa gothic. selanjutnya di cerita Setan Merah, ...terdapat jendela Gothic yang terbuka ke arah koridor tertutup menuju kamar-kamar tadi (hlm 139)

Apa arti Gothic?
1. The Freedictionary.com memberi pengertian sebagai berikut:
a. Of or relating to an architectural style prevalent in western Europe from the 12th through the 15th century and characterized by pointed arches, rib vaulting, and a developing emphasis on verticality and the impression of height.
b. Of or relating to an architectural style derived from medieval Gothic.


Selanjutnya ada Sejarah kata Gothic:
The combination Gothic romance represents a union of two of the major influences in the development of European culture, the Roman Empire and the Germanic tribes that invaded it. The Roman origins of romance must be sought in the etymology of that word, but we can see clearly that Gothic is related to the name Goth used for one of those invading Germanic tribes. The word Gothic, first recorded in 1611 in a reference to the language of the Goths, was extended in sense in several ways, meaning "Germanic," "medieval, not classical," "barbarous," and also an architectural style that was not Greek or Roman. Horace Walpole applied the word Gothic to his novel The Castle of Otranto, a Gothic Story (1765) in the sense "medieval, not classical." From this novel filled with scenes of terror and gloom in a medieval setting descended a literary genre still popular today; from its subtitle descended the name for it.

2. reverso.net memberikan pengertian sebagai berikut. In Gothic stories, strange, mysterious adventures happen in dark and lonely places such as graveyards and old castles.

yah..jadi intinya ini serem-seremnya abad pertengahan di Eropa, dimana konteks saat itu jatuhnya abad Kekaisaran Romawi ke abad Renaissance. Banyak peperangan dan invasi yang digambarkan di film-film terjadinya di gedung kastil tua.

Poe sangat cerdas dalam menceritakan detil-detil tempat. Saya rasa imajinasinya yang kelewat tinggi, dapat membawa pembaca pada ruang-ruang di istana raja (Hop-Frog), pada kapal dan ruang di kapal barang Independence (Kotak Persegi Panjang), pada rumah keluarga Usher (Misteri Keluarga Usher), pada kapal yang terkena badai (Mengarungi Badai Maelstrom), Ruangan hukuman yang di dalamnya terdapat pendulum yang segera mengoyak tubuh dan ditengahnya terdapat jurang (Jurang dan Pendulum).

Jika ingin mendalami cerita-cerita Poe lagi, silahkan membaca secara online yang ada di internet. Atau mungkin tertarik membaca dari teks aslinya, tautan berikut membantu menelusuri cerita pendek maupun puisi karya Poe yang lain. Saya membantu dengan memberikan judul aslinya di atas.

1. Online Literatur dot com
2. The Edgar Allan Poe Society of Baltimore
3. Ebook Server
4. Read Book Online

Kritik saya pada terjemahan buku ini ada pada
1. Gema Jantung yang Tersiksa (The Tell-Tale Heart), terjemahan kata "He" yang merujuk pada si lelaki tua, diterjemahkan sebagai Beliau oleh penyunting. Kalau sekali saja dituliskan karena untuk memunculkan hormat (khas Indonesia), itu nggak masalah. Tapi karena kemunculan Beliau ini terlalu sering (saya mencatat ada 17 kata Beliau dari halaman 11 s.d.15). Penyunting juga kurang konsisten dengan kata Beliau, karena pada hlm 15, menggunakan kata "dia" alih-alih Beliau.

2.cerita Potret Seorang Gadis (The Oval Portrait), dari judul aslinya saja sudah kelihatan jauh dari konteksnya. Yang agak mengganggu adalah pada paragraf terakhir dimana ketika pelukis menyelesaikan lukisannya, dan berkata "Lukisan ini adalah kehidupan"- sebelum memutar tubuh untuk memandang istrinya: "Dia sudah mati!" (hlm 60). Sementara bila melihat teks aslinya menulis demikian 'This is indeed Life itself!' turned suddenly to regard his beloved: -- She was dead!. "Itself" kurang diberikan penekanan pada terjemahannya.

Sekilas tentang Edgar Allan Poe
Poe lahir pada 1809 di Boston, Massachusetts putra dari pasangan aktor David Poe Jr (menghilang di 1810) dan aktris Inggris (Elizabeth Hopkins Poe). Ibunya meninggal pada tahun 1811, dan selanjutnya Poe diasuh oleh pasangan saudagar kaya ,John Foster Allan dan istrinya Frances di Richmond, Virginia. Saudara kandung Poe, William dan Rosalie diambil oleh orang tua asuh lain. William mati muda, sedangkan Rosalie kemudian menjadi gila. Poe dikirim ke Inggris dan Skotlandia untuk melanjutkan pendidikannya. Terakhir ia bergabung dengan ketentaraan Amerika Serikat (US Army Academy). Namun ia dikeluarkan karena berjudi dan pelanggaran lainnya atas kode etik perilaku di Akademi.

Selepas dari menjadi tentara, ia memulai karirnya di bidang sastra. Bekerja sebagai penulis lepas di New York, Philadelphia, dan Baltimore. Ia menjabat sebagai editor untuk nomor atau majalah sastra, termasuk Southern Literary Messenger, Gentleman's Burton's Magazine, Graham's Magazine, New York Mirror, dan Broadway Journal.

Di Inggrislah Poe mendapat suntikan besar yang menunjang ia berkarya dalam dunia sastra. Ia berkenalan dengan karya-karya penyair seperti Keats, dan Coleridge. Inspirasinya yang lain adalah suasana Skotlandia dengan benteng dan legenda dan kisah-kisah mengerikan. Tampaknya imajinasi pemandangan Skotlandia itu yang banyak mempengaruhi dalam kisah-kisah horornya. Kebiasaan buruk Poe adalah minum-minuman keras dan berjudi. Patut diduga cerita Wiliam Wilson adalah menggambarkan dirinya juga (William Wilson, hlm 202).

Bagi saya, perkenalan dengan buku ini adalah perkenalan perdana saya pada Edgar Allan Poe. Berkenalan dengan dunia horor abad pertengahan, serta berkenalan dengan sastra Amerika-Inggris-Skotlandia. Hendaknya karya-karya Poe ini diterjemahkan semuanya, sehingga pembaca semakin dapat memahami karakter penulisan Poe serta memperkaya khasanah wawasan sastra klasik dunia.

@hws110111

9 comments:

Post a Comment

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t

Tinggalkan JEJAK Anda sebagai penanda bahwa Anda membaca dan menimbang tulisan saya :)

----------Oooo---
-----------(----)---
------------)--/----
------------(_/-
----oooO----
----(---)----
-----\--(--
------\_)-