Saturday, April 23, 2011

Tanah Tabu


Tanah Tabu
by Anindita S. Thayf
Paperback, 237 pages
Published May 2009 by PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN 9792245677 (ISBN13: 9789792245677)

Sebuah Novel yang memperkaya khasanah pengetahuan kita tentang Tanah Papua. Ketamakan akan harta berujung pada kesengsaraan. Namun, kesengsaraan tidak hanya milik yang tamak itu, tetapi juga orang yang ada di sekitarnya.

Berangkat dari studi yang dilakukan oleh Anin selama dua tahun, lahirlah novel yang bertemakan perjuangan akan kejujuran dan melawan kebodohan dan kemiskinan di tanah yang kaya raya alamnya, Papua.



Hadirnya tambang emas, bukan berarti kesejahteraan yang berlimpah. tetapi keserakahan dan kekerasan. Kehidupan masyarakat suku di tanah Papua menjadi tidak lagi seimbang. Para pria yang tadinya berkehidupan di hutan untuk berburu, menjadi beralih profesi menjadi buruh tambang, apa yang terjadi? perubahan kehidupan sosial baik di masyarakat maupun di rumah tangga. kepada siapa lagi dampaknya kalau bukan ke wanita dan anak-anak. Namun, kepribadian yang tangguh, ketulusan hati, kejujuran mampu membebaskan diri "penjajahan" dalam rumah tangga itu.

Mabel, singkatan dari Mama Anabel, seorang wanita yang berkepribadian kuat, memiliki integritas dan kejujuran, ia ingin agar cucunya Leksi, dapat membaca dan menulis. Tidak hanya itu, ia ingin cucunya menjadi orang yang berguna bagi masyarakatnya. Ia tidak ingin kehidpannya yang pedih terulang kembali pada cucu kesayangannya itu.

Perjalanan hidup yang penuh onak duri dan konflik, membuat Mabel matang dalam berpikir dan bertindak. Seringkali ia mendapat musuh atas tindakannya yang menolak segala bentuk tawaran bantuan, ia bisa menilai mana yang busuk, mana yang tulus. Hal itu ia tanamkan pada Leksi, seorang anak suku Dani yang tidak kenal papanya dari kecil.

Bentuk perlawanan terhadap ketidakadilan, kira-kira seperti itulah isi novel ini. Banyak menceritakan suasana kehidupan masyarakat papua yang mungkin tidak pernah kita dengar sebelumnya. Bisa jadi ini adalah novel pertama tentang papua di Indonesia.

Penceritaannya sangat hebat, menurut saya sangat cerdas, berkelas, dan mampu membawa ke alam Papua serasa kita ada disana.Wajar jika novel ini menjadi juara pertama dalam sayembara Novel 2008.

16 comments:

Post a Comment

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t

Tinggalkan JEJAK Anda sebagai penanda bahwa Anda membaca dan menimbang tulisan saya :)

----------Oooo---
-----------(----)---
------------)--/----
------------(_/-
----oooO----
----(---)----
-----\--(--
------\_)-