Wednesday, June 27, 2012

Supernova Episode: Partikel



Supernova Episode: Partikel
Penulis: Dewi Lestari (Dee)
Penyunting: Hermawan Aksan & Dhewiberta
Penata Aksara: Irevitari
Ilustrator: Motulz
Penerbit: PT Bentang Pustaka (2012)
ISBN: 9786028811743

Buku Partikel ini seolah menjadi pemuas dahaga dari penggemar Dewi Lestari. Seperti yang disampaikan oleh Dee pada akhir buku ini, bahwa delapan tahun ide dan penulisan buku ini sudah digodok namun setahun terakhir baru digarap serius oleh Dee. Ketersediaan literatur dan fasilitas teknologi berperan besar dalam proses penulisan yang sarat dengan ilmu pengetahuan.

Buku ini adalah karya Dee yang pertama kali saya baca. Butuh beberapa trik agar saya memahami apa yang ditulis Dee dengan baik. Pada dasarnya, tokoh-tokoh yang ditampilkan oleh Dee tidak terlalu rumit memahaminya. Narator yang bertindak sebagai pemeran utama adalah Zarah, yang berarti partikel. Ia memiliki adik perempuan yang bernama Hara dari kedua orang tua yang bernama Firas (ayah) dan Aisyah (ibu). Firas berprofesi sebagai dosen yang memfokuskan mengajarkan mikologi di Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Aisyah berperan sebagai ibu rumah tangga. Kehidupan keluarga mereka sangat harmonis, sehingga pada suatu ketika Firas  meninggalkan istri dan kedua anaknya, tanpa ada penjelasan lebih lanjut.

Thursday, June 21, 2012

Fiksi Lotus Vol.1 Kumpulan Cerita Pendek Klasik Dunia



Judul: Fiksi Lotus Vol.1 Kumpulan Cerita Pendek Klasik Dunia
Penerjemah: Maggie Tjojakin
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Desain cover: Steven Andersen
Setting: Fitri Yuniar
Cetakan I: April 2012
ISBN: 9789792283532

Ini adalah buku kumpulan cerita pendek klasik kedua yang saya baca setelah Kisah-kisah Tengah Malam karangan Edgar Allen Poe yang saya baca. Kedua buku tersebut sama-sama diterjemahkan oleh Maggie Tjojakin. Pekerjaan menerjemahkan sekaligus mengklasifikasikan cerita pendek tersebut dalam kelompok-kelompok, tentunya tidak mudah. Mungkin seandainya cerita pendek tersebut adalah postingan-postingan pada sebuah blog, maka hal yang paling simpel dilakukan adalah memberi label pada tiap-tiap cerpen agar mudah dilakukan pengelompokan, seperti tahun terbit, asal pengarang, tema cerpen, dan sebagainya.

Dari 14 penulis cerpen ini, saya hanya pernah membaca karyanya Ernest Hemingway dan Jean-Paul Sartre. Itu menunjukkan pengetahuan saya akan penulis karya sastra klasik masih minim. Untuk itu mari berkenalan dengan para penulis-penulis lainnya. Hasil penelusuran di wikipedia dan sumber-sumber lainnya diperoleh informasi-informasi sebagai berikut.