Thursday, January 30, 2014

Pulang by Leila S. Chudori



Terinspirasi tiga peristiwa sejarah: Indonesia 30 September 1965, Prancis Mei 1968, dan Indonesia Mei 1968, Leila menghadirkan sebuah kisah keluarga yang terpengaruh peristiwa-peristiwa tersebut. Sebuah kurun waktu yang cukup panjang. Di Indonesia sendiri, kurun waktu tersebut adalah masa pemerintahan The Smile General, Soeharto. Ong Hok Kam menyatakan bahwa sejarah pada dasarnya adalah tentang manusia. Arnold Toynbee dalam History, science, and fiction menyatakan: there are three different methods of viewing and presenting the objects of our thought, and, among them, the phenomena of human life. The first is the ascertainment and recording of 'facts'; the second is eludication. through a comparative study of the facts ascertained, of general 'laws'; the third is the artistic re-creation of the facts int he form of 'fiction'. 


Pulang
Pengarang: Leila S. Chudori
Gambar Sampul dan Isi: Daniel "Timbul" Cahaya Krisna
Tataletak sampul: Wendie Artswenda
Tebal: vii + 464 hlm
ISBN: 978-979-91-0515-8


Melalui cerita fiksi dalam novel Pulang ini, Leila menghadirkan kembali peristiwa pasca September 1965 di Jakarta, Mei 1968 di Paris, serta Mei 1998 di Jakarta. Muatan-muatan tiap peristiwa ini direkam oleh tokoh-tokoh yang berbeda. Melalui peristiwa 1965, direkam oleh Hananto, seorang wartawan kantor berita nusantara. Pada saat itu, informasi pemerintah Indonesia hanya disetir oleh Angkatan Darat.  Setelah Kantor Berita Nusantara dinyatakan terlarang, semua pegawai-pegawainya bersembunyi dari kejaran aparat. Surat sakti pada saat itu adalah surat bebas terlibat G30S-PKI. Salah satu wartawan kantor berita nusantara Dimas Surya, saat itu bersama rekannya sedang ditugaskan ke Amerika Latin, luput dari 'sapuan' pasukan Angkatan Darat.

Peristiwa Mei 1968, disaksikan oleh Dimas Surya dan Vivienne Deveraux. Dimas Surya yang merupakan eksil politik, bertemu dengan Vivienne, seorang mahasiswi cantik Universitas Sorbonne, diamana saat itu sedang berkembang gerakan mahasiswa yang didukung oleh buruh. Peristiwa Mei 1998, disaksikan oleh Lintang Utara, putri semata wayang Dimas Surya dan Vivienne, yang sedang mengerjakan tugas akhirnya tentang tahanan politik orde baru serta orang-orang dekatnya.

Apa yang menarik dari novel ini adalah adanya narator dengan berbagai sudut pandang. Selain itu, untuk mengawali kepulangan', tentu ada 'kepergian' Menurut saya, dua tokoh yang menjadi 'Pergi' dan 'Pulang' masing-masing adalah Dimas Surya dan Lintang Utara. Selain itu, dari novel ini kita dapat mengeri bagaimana situasi pelarian politik di luar negeri. Dari sekelumit kisah Dimas dkk di Prancis, dapat kita ketahui betapa sulit dan penuh perjuangannya hidup di tengah pelarian. Termasuk penolakan dari bangsa sendiri.

Saya rasa, sudah cukup banyak review tentang novel ini. Karena keterbatasan waktu saya yang sangat sok sibuk ini, saya ingin menuntaskan menuliskan review ini demi jadwal postingan buku dari Secret Santa 2013. Sebenarnya, masih banyak yang ingin saya gali, tetapi baiklah kita tinggalkan dulu demi agenda utama posbar BBI kali ini, yaitu TEBAK SIAPA SANTAMU

------------------------------------------------------------------------------------------------


Seperti yang saya tuliskan di postingan sebelumnya, bahwa saya mendapat dua buah buku dari Santa yaitu seperti di bawah, yaitu novel Pulang dan buku Saling Silang Indonesia-Eropa. Selain itu saya mendapatkan juga kartu pos serta pembatas buku wayang.


Riddle di bawah ini yang harus saya pecahkan:


Wish you a wonderful X-mas and a very happy new year
from: secret santa (moon goddess)

Baiklah, sebelum sampai ke penebakan, saya uraikan sedikit bagaimana proses penerimaan buku ini di tangan saya:
  1. Saat itu event Festival Pembaca Indonesia 2013, ketika saya sedang berdiri di depan stand BBI, saya mengobrol mbak Lyla dan Ika. Dan tiba-tiba, mbak Lyla nyeletuk: "eh ada titipan loh untuk Bang Epi." Saat itu saya berpikir, titipan macam apakah itu?
  2. Setelah agak siang dan menjelang sore, saya kembali berdiri di depannya stand BBI (kenapa mesti ya?), dan Mbak Astrid menghampiri saya, seraya memberikan sebuah bungkusan kado, yang dari bentuknya saya menduganya berupa buku. Mbak Astrid mengatakan kalau barang itu dari titipan seseorang. Segera saya simpan, lalu membukanya di rumah.
  3. Sesampainya di rumah, saya membukanya. Ternyata isinya adalah kado dari Santa. Dari sini saya menilai, Santa saya cukup cerdik. Ia tidak menggunakan jasa pengiriman/ekspedisi, namun melalui titipan. Hal itu menyulitkan saya menerka dari kota mana kado tersebut dikirimkan.

    Dari hasil analisis saya untuk menebak siapa santa saya adalah dengan mempelajari hal-hal yang terdapat dalam bingkisan tersebut. Pertama, berhubung dari kondisi pertama di atas serta kartu pos bergambar Gereja Blenduk, Semarang, maka saya menduga Santa saya berasal dari Semarang. Kedua, saya menelusuri kata kunci "moon goddes." Dengan kata kunci goddes yang saya artikan sebagai dewi, maka saya coba mengidentifikasikan semua member BBI yang bernama dewi. Maka saya mulai mencari Vannya Dewi Puspitasari, Retno Dewi Yani, Atria Dewi Sartika, dan seterusnya. Ketiga, mulai menelusuri lebih jauh profil masing-masing yang bernama dewi tersebut. Saya sempat putus asa, karena tidak menemukan keterkaitan apapun tentang nama-nama tersebut. Seorang sahabat saya, yang sepertinya ikutan penasaran, ikut membantu mencari di dunia maya, dan akhirnya menemukan ini:

         
    dan untuk memperkuat temuan di atas, saya juga menemukan keterangan serupa yaitu:




    Dengan demikian, saya berkesimpulan bahwa Santa saya adalah:

    AISYAH SARI DEWI
    Pemilik Blog: Through Tinted Glass


    Terima kasih pada Divisi Event BBI, Kak Mia dan Oky yang memikirkan serta menyelenggarakan event hebat ini, dan juga kepada Meilia, yang turut repot mencari tahu siapa santa saya. Mudah-mudahan benar :))




    19 comments:

    Post a Comment

    :a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t

    Tinggalkan JEJAK Anda sebagai penanda bahwa Anda membaca dan menimbang tulisan saya :)

    ----------Oooo---
    -----------(----)---
    ------------)--/----
    ------------(_/-
    ----oooO----
    ----(---)----
    -----\--(--
    ------\_)-