Produsen Ontbijt Walanda Bandoeng by Soedarso Katam [Secret Santa 2015}

Sabtu, Januari 30, 2016


Apa menu sarapan Anda setiap hari? sudahkah memperhitungkan jumlah kalori dengan aktivitas yang akan dijalani? bagaimana komposisi karbohidrat dan vitaminnya, apakah sudah sesuai?

Dalam keseharian, saya sering mengabaikan pertanyaan-pertanyaan di atas. Terkadang sarapan merupakan aktivitas yang terkondisikan alih-alih sebagai suatu kebutuhan. Yang dimaksud aktivitas terkondisikan adalah karena suatu hal, maka sarapan menjadi harus dan terjadwal. Biasanya dulu karena saya menginap di hotel yang menyediakan sarapan; karena saya sedang mengikuti diklat yang menjadwalkan sarapan; karena ikut ajakan teman; dan sebagainya. Selebihnya karena memang lapar kalau nggak sarapan. Tapi memang, dengan sarapan yang cukup dan segelas kopi, membuat saya pada pagi hari menjadi siap untuk beraktivitas sampai siang.

Produsen Ontbijt Walanda Bandoeng
Sudarsono Katam
Penerbit Khazanah Bahari (Juli 2014)



Buku berdampingan dengan sarapan saya yang dobel karbo

Buku ini merupakan pengenalan akan menu-menu sarapan orang Belanda tempo dulu di Bandung. Pada bagian awal buku ini diuraikan sekilas tentang muatan suatu sarapan, misalnya karbohidrat seberapa banyak, protein seberapa banyak. Dari situ saya mengetahui bahwa roti dan susu merupakan makanankhas Eropa yang dibawa ke Bandung. Dapat disimpulkan bahwa lidah orang Belanda zaman dulu tetap tidak bisa pindah dari negeri asalnya, dan tetap membawanya ke Bandung. Selain itu saya mengetahui bahwa biskuit speculas merupakan kombinasi makanan Eropa dan Indonesia, karena biskuit merupakan makanan dari Eropa, sedangkan kayu manis merupakan produk Indonesia.

Pada bagian selanjutnya, dijelaskan mengenai tempat-tempat makan yang biasa dikunjungi Orang Belanda tempo dulu di Bandung. Sekilas kebanyakan di seputaran Jalan Braga, Bandung. Beberapa foto zaman dulu turut ditampilkan. Sayang sekali penataan foto menurut saya kurang menarik. Foto-foto yang ditampilkan kurang greget informasinya. Mungkin karena sudah saya bandingkan dengan bukunsejenis yang menulis sejarah suatu tempat. Contoh buku yang bagus menuliskan hal seperti itu menurut saya antara lain buku-buku sejarah jakarta karya Adolf Heuken, SJ.

Buku bersama pernak-pernik dari Negeri Sakura

Bagaimanapun buku ini enak dibaca. Menyusuri kembali tempat-tempat yang disebutkan dalam buku ini di Bandung, saya membayangkan suasana sarapan di suatu pagi di masa lampau. Beberapa tempat di Jalan Braga yang disebutkan dalam buku ini sudah berubah, ada yang sudah jadi pertokoan, bahkan sisa-sisa pernah sebagai toko kue atau toko roti sudah tidak ada.

Sayang sekali, review buku ini tidak dapat saya sajikan lengkap karena bukunya tertinggal di Bandung, sementara seminggu yang lalu tersita dengan kesibukan yang luar biasa, sementara hari ini batas terakhir postingnya. Tetapi buku ini sangat luar biasa.

Tebak Santa
Seperti dalam postingan sebelumnya, bahwa buku ini adalah hadiah dari Santa dalam program Secret Santa 2015 oleh Divisi Event. Dari teka-teki yang diberikan kepada saya, saya mencoba menganalisis dan berusaha mencari kaitan huruf yang diberikan. Namun, saya gagal mengidentifikasi siapa Santa saya.

Dear Santa,
terima kasih banyak. Semoga bertambah berkat dan semakin banyak berbagi dan bertambah bacaan

Salam,
Helvry

You Might Also Like

16 komentar

  1. jadi Abang maish belum bisa nebak ya :( sayang sekali

    BalasHapus
  2. Santanya Bang Epi, kluarlaaaah, bliau gkbisa nebak ini, kasian loh

    BalasHapus
  3. udah diminta keluar nih, hahaha
    maaf bang epi kalau riddlenya menyusahkan
    santanya bang epi adalah aku

    BalasHapus
  4. Ya ampun, sebut nama lah Bang minimal kalau nebak :)))

    Itu sarapan jangan double karbo. Enek kan ntar :P

    BalasHapus
  5. Bang epi, itu ada Sumber Hidangan alias Snoep Huis juga kah yg di Braga? kedemenan papaku tuh.. oiya aku jadi inget oma ku yg org belanda itu emang makannya selalu roti, baik pagi siang maupun malam LOL. kayaknya perlu baca buku ini deh, bikin nostalgia huhu....

    BalasHapus
  6. terima kasih Mas Tezar
    asli susah banget teka-tekinya. Saya nggak punya ide sama sekali mau dibawa kemana, :c :c

    BalasHapus
  7. @Ren: yaelah..masa asal sebut nggak ada dasar...biarin lah dobel-dobel karbonya, yang penting habis itu gali selokan :c :c

    BalasHapus
  8. @astrid: nanti saya lihat ya mbak...
    waaah omanya mbak astrid dari Belanda ya, :n :n :e

    BalasHapus
  9. Waahhh... Mastez sudah ngaku disini yaaa... Pas perjalanan naik kereta mau ke IRF, dia cerita clue2nya ke Ka Cyn, aku aja ga mudeng kok bisa itu jadi clue-- Iya, aku dengerinnya sambil tidur soalnyaaa :c

    BalasHapus
  10. masih hutang penjelasan riddle
    maaf bang.
    kalau tidak salah, saya menuliskan clue-nya x ya bang. itu maksudnya dibaca kali. dan kali bisa dimaksudkan sungai.

    untuk riddlenya sendiri saya pakai sandi sungai. untuk kuncinya, bisa digoogling bang dengan kata kunci sandi sungai

    maaf kalau terlampau sulit ya bang #teruskabur

    BalasHapus
  11. @tezar: tetap masih pusing mas :c :C :c

    BalasHapus
  12. nasi kuning enak pakai perkedel kentang bang epi #tetepdobelkarbo :D

    BalasHapus
  13. Seru ya event secret santa ini.. Walau aku bukan anggota BBI, yp suka baca2 blog temen2.. Kadang coba2 ikut pecahin riddle nya... (∩_∩)

    BalasHapus
  14. Adakah anda memerlukan pinjaman untuk membayar hutang anda? anda memerlukan pinjaman untuk memulakan perniagaan, atau anda memerlukan pinjaman untuk membayar bil, mencari lagi kerana kami memberi pinjaman pada kadar yang mula daripada 2%, hubungi kami melalui e-mel syarikat:

    alexandraestherloanltdd@gmail.com atau
    alexandraestherfastservice@cash4u.com

    Tuhan merahmati kamu.

    BalasHapus
  15. Situs POKER paling menarik....
    Apalagi kalau bukan www,royalqq,poker
    Kini Hadir Game Terbaru ===>> GAME SAKONG
    Dengan didukung server terbaik...
    Sehingga permainan selalu lancar
    Paling rame, Paling fair, NO ROBOT, Murni Player vs Player
    Disinilah tempat berkumpulnya Master-Master Poker
    Deposit minimum Rp. 15.000
    Support Bank BCA, MANDIRI, BNI, BRI
    Salam ROYALQQ

    BalasHapus