Bumi Manusia

Jumat, April 24, 2009

Bumi Manusia (Tetralogi Buru, #1)Bumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer

My rating: 4 of 5 stars

Paperback, 535 pages
Published 2005 by Lentera Dipantara (first published 1975)
ISBN 9799731232 (ISBN13: 9789799731234)



Novel yang sangat luar biasa. Pram sangat menguasai konteks kehidupan kolonial pada masa itu. Membaca karya ini, imajinasi kita akan penjajahan kolonial menjadi semakin gemas. Kolonialisme tidak hanya pada sesuatu yang bersifat fisik (tubuh dan besi), tetapi juga hak kewaiban dan idealisme.

Minke, yang digambarkan sebagai seorang Jawa yang terpelajar, siswa HBS, tidak mampu membela haknya di depan pengadilan Belanda. Mertuanya, Nyai Ontosoroh adalah seorang yang berkepribadian kuat. Ia tidak mau terikat pada streotip orang-orang tentang ke-nyai-annya. Di tangannya, putrinya Annelies Mellema menjadi wanita pengusaha yang tangguh.

Buku ini sangat bagus dibaca. Satu-satunya karya sastra Indonesia yang diterjemahkan ke dalam 30 bahasa di dunia.

View all my reviews

You Might Also Like

3 komentar

  1. Harusnya review ini dibuat dengan serius, saya harus baca ulang kawan-kawan. :k

    BalasHapus
  2. wah kok reviewnya cuma segini kak? :D
    saya belum baca bukunya Pram satupun. -_-
    Payah banget emang...
    sekilas saya membaca Bumi Manusia, saya sudah tahu bahwa buku ini alurnya pasti lambat banget. Dan itu kelemahan saya. hiks...

    tapi lain waktu saya harus membacanya, haruuus!

    :)

    BalasHapus
  3. Waduh singkat banget ya Mbak riviewnya >.<

    Etapi aku juga belum sempat review buku ini sih, padahal sudah lama banget bacanya, dan sudah berkali-kali juga saya bacanya... suka banget pada sebuah buku jadi agak bingung ya gimana mau reviewnya ^^

    BalasHapus