Thursday, October 24, 2013

Life on the Refrigerator



Judul: Life on the Refrigerator
Kehidupan di Pintu Kulkas
Penulis: Alice Kuipers
Alih bahasa: Rosi L. Simamora
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-979-22-4173-0

Buku ini tidak sengaja saya temukan di toko buku Gramedia di Kuningan City, saat itu buku ini sedang 'terserak' dan saya memungutnya. Sudah lama saya mendengar tentang buku ini, dan suatu kebetulan ketika saya datang, buku ini tinggal satu-satunya dan akhirnya berpindah ke tangan saya seharga sepuluh ribu rupiah saja. (note: cover yang saya tampilkan bukan cover terbitan gramedia)

Alice Kuipers memulai debut pertamanya menulis novel Life on the Refrigerator pada tahun 2007. Ia adalah sarjana psikologi dari Manchester University dan menyelesaikan pendidikan masternya pada jurusan Writing Program Manchester Metropolitan University. Novel ini memenangkan penghargaan Saskatchewan First Book Award, the Sheffield Libraries Choice Award, dan the Grand Prix de Viarmes. Novel keduanya adalah The Worst Thing She Ever Did (2010). Novel ini memenangkan penghargaan Arthur Ellis Award, Best Juvenile/YA Crime Book 2011 and the OLA White Pine Official Selection 2011. Sedangkan novel ketiganya adalah 40 Things I Want To Tell You (2012) yang juga meraih penghargaan a Saskachewan Book Award for Young Adult Literature pada tahun 2013 dan sebagai Young Adult Honour Book pada Canadian Library Association di tahun 2013.

Setelah membacanya  (dengan relatif cepat), saya menyimpulkan bahwa ada tiga kata kunci dalam novel ini, yaitu kulkas, ibu, dan kehidupan. Saya akan coba membahasnya sesuai dengan apa yang saya alami.