Friday, January 27, 2012

Because of Winn-Dixie


Judul: Karena Winn-Dixie
Judul Asli: Because of Winn-Dixie
Penulis: Kate di Camillo
Alih Bahasa: Diniarty Pandia
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun: 2004 (Desember)
ISBN: 9792210644

Apakah kau mencari rumah? sang pendeta bertanya, lembut sekali, pada Winn Dixie. Winn Dixie menggoyang-goyangkan ekornya. "Yah," sang pendeta berkata, "kurasa kau punya rumah sekarang." (hlm 19).

Bagaimana kita memaknai sebuah rumah? Apakah kita memandang bahwa rumah adalah bangun ruang yang terdiri dari lantai, dinding, jendela dan atap? rumah adalah sebuah lambang status dimana rumah menunjukkan kelas sosial seorang manusia. Rumah juga merupakan tempat perlindungan, dimana rumah adalah tempat paling aman dari angin, hujan dan panas. Rumah juga adalah  inspirasi, dimana angan-angan dan cita-cita terbentuk dan berpulang kembali dari dan ke rumah. Dan rumah adalah bentuk penerimaan. Bagi orang-orang yang tersisih, bagi yang kehilangan, bagi yang tak berpunya sanak, bagi yang ditolak, dan bagi yang sendiri.

Saturday, January 21, 2012

Impian Perawan


Judul: Impian Perawan
Pengarang: Nugroho Suksmanto
Desain sampul: Hasta/Adhitya Dharma
Gambar sampul: Biscuits Levre-Utile,1897 karya Alphonse Mucha
Setting: Fitri Yuniar
Cetakan: Kedua (April 2009)
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal: xii + 122 halaman
ISBN: 9789792241792

Buku ini adalah kumpulan cerpen karya Nugroho Suksmanto yang beberapa diantaranya telah diterbitkan di berbagai media cetak. Sebuah pengantar oleh Budi Dharma, yang memberi sentuhan akademis pada karya Nugroho ini. Ia memberi peristilahan unity in variety.

Baik Socrates maupun Aristoteles berpendapat bahwa sastra merupakan cerminan dari realita atau mimesis. Nugroho menggunakan cerpen sebagai media penyampaian realita pada para pembaca. Tidak hanya sastra sebenarnya, karya seni seperti patung, lukisan, lagu, drama, tari, dan sebagainya.

Budi Dharma menambahkan seorang pemikir bernama Horace mengingatkan bahwa sastra harus memenuhi dulce et utile. Dulce adalah rasa nikmat, rasa haru, atau rasa apapun yang menjadikan pembaca tertarik, dan utile adalah kegunaan atau manfaat. Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa sesuatu keindahan ataupun manfaat juga tergantung bagaimana pembaca meresponi sastra tersebut.

Tuesday, January 10, 2012

Gurun Cinta (Le Desert de l'amour)


Judul Asli: Le Desert de l'amour (The Desert of Love)
Penulis: Francois Mauriac
Penerjemah: Istiani Prajoko
Penyunting: Anton Kurnia
Penyerasi: Eldani
Pewajah Isi: Siti Qomariyah
Penerbit: PT Serambi Ilmu Semesta, April 2010 (terbit pertama kali tahun 1925)
ISBN: 9789790242258

Dari zaman dahulu hingga sekarang, cinta masih merupakan misteri. Dalam buku The Colors of Love (1973), John Lee mengatakan ada tiga warna primer cinta yaitu: (1) Eros, (2) Ludos dan (3) Storge. Bila dijabarkan lebih lanjut, pengertian tiga warna primer tersebut adalah:

1. Eros – Loving an ideal person
2. Ludos – Love as a game
3. Storge – Love as friendship

Tuesday, January 3, 2012

Annual Report Blog Buku Helvry 2011


Annual Report Blog Buku Helvry 2011

Executive Summary
Meski belum genap setahun, namun perlu membuat cut-off laporan tahunan kinerja blog ini walau masih berdiri kurang lebih delapan bulan. Laporan ini dibuat berdasarkan data-data yang dikumpulkan dari Stats Blogger, statcounter.com, serta googleanalytics. Beberapa hal yang perlu dilakukan antara lain: menambah kuantitas buku yang dibaca, meragamkan jenis bacaan, membuat jadwal review, dan meningkatkan kolaborasi dengan sesama blogger.

Hasil pengolahan data selama tahun 2011 adalah sebagai berikut.