#HUT5BBI: Top 5 Blog Buku Member BBI

Selasa, April 12, 2016

Bulan April kali ini Divisi Event BBI memiliki banyak event dalam rangka memeriahkan ulang tahun Blogger Buku Indonesia yang kelima. Saya teringat ketika awal-awal BBI terbentuk, baru ada event Giveaway Blog Hop, dimana beberapa blogger membuat suatu kuis di blognya dengan hadiah tertentu. Itu pengalaman pertama saya ngehost kuis. Dan saya senang.
Kali ini, maafkan saya terlambat memposting, kemarin sungguhlah hari yang padat. Mulai pagi saya harus berangkat subuh-subuh dari Cikarang ke Bandung, lalu di Bandung saya harus mengambil laundry yang tidak selesai-selesai seminggu berhubung Bandung hujan terus, lalu persiapan packing untuk berangkat ke luar kota. Dan setelah berhujan-hujan bersama Kang Ojek, saya nyaris terlambat di bandara. Akhirnya tiba di Padang dan disambut dengan meeting di penghujung hari. Asli saya lapar dan tepar kemarin, namun saya tidak ingin ketinggalan kemeriahan event online HUT BBI kelima dengan mengikuti Top 5 blog Buku Member Blog Buku Indonesia.




1. Buku Yang Kubaca oleh Hernadi Tanzil (http://bukuygkubaca.blogspot.co.id/)
Dari blog Om Tanzil inilah saya bermula belajar menulis resensi. Sejak 2008, ketika saya baru awal-awal mengenal dunia perbukuan, saya mengamati dan mempelajari gaya penulisan beliau. Yang saya tahu, dulu beliau sering menulis resensi dan sebagian tulisan-tulisan tersebut dimuat di blognya. Secara umum, blognya sangat simpel. Tidak banyak "ornamen" seperti blog saya yang sok-sokan, tapi satu yang khas blog ini adalah: konsistensi pemutakhirannya. Ini sangat luar biasa. Seringkali (termasuk saya) masih mementingkan tampilan dibanding isi, namun blog Om Tan ini tetap setia diupdate. Itu menunjukkan konsistensi membaca dan menulis, suatu disiplin yang luar biasa! Konsistensi ini juga berbuah, dimana page alexa.com menunjukkan bahwa blog Buku Yang Kubaca (http://bukuygkubaca.blogspot.co.id/) menempati ranking global 1.273.579 dan ranking Indonesia 35.624. Ayo coba bandingkan dengan blog Anda :) Dari sini saya menyimpulkan bahwa suatu ketekunan pasti akan menemukan buahnya.

2. Baca Biar Beken oleh Dion Yulianto (http://www.dionyulianto.blogspot.co.id/)
Selanjutnya blogger yang sangat aktif menulis review adalah blognya Mas Dion ini. Kebetulan mas Dion ini seorang blogger yang berprofesi juga di dunia penerjemahan dan penyuntingan buku. Jadi, klop dengan aktivitas menulisnya di blog. Buku-buku yang diulas juga sangat beragam. Ada jenis fantasi, kumpulan cerpen, sastra klasik, dan nonfiksi. Saya yakin sudah cukup banyak judul yang ditulis resensinya, rasanya sangat perlu menambanhkan widget daftar isi di sidebarnya, sehingga pengunjung betah berselancar mencari buku-buku yang telah diresensi. Tulisan Mas Dion ini juga kadang menyelipkan kalimat  kocak, jadi jauh dari kesan tulisan kaku dan formal. Satu lagi, pageview Blog mas Dion ini cukup tinggi. sekitar 300 ribu view, dua kali lipat dari blog saya. Itu juga buah dari kekonsistenan menulis. Bravo!!

3. Books to share oleh Astrid Felicia (https://perpuskecil.wordpress.com/)
Blogger ini juga sangat sering masuk ke inbox saya, karena saya berlangganan update-an blognya. Books to share. Saya rasa ini visi yang luar biasa bahwa buku hadir untuk dibagi (bukan ditimbun ya). Blognya mbak Astrid inipun cukup simpel, dan saya (lagi-lagi salut) dengan kekonsistenannya menulis terus Wishful Wednesday, yaitu postingan tentang buku-buku yang diinginkan, mungkin sudah yang ketiga ratus postingan. Ada berapa banyak yang sudah terpenuhi, saya rasa perlu juga ditulis, hehehe..Uniknya di blog mbak astrid ini menginformasikan dimana ia membeli buku tersebut, dan berapa harganya. Selain itu, dari postingan mbak Astrid saya meniru judul postingan resensi buku yang menyertakan nama penulis bukunya. Ternyata hal tersebut bagus dalam search engine optimation. Sayang, cuplikan postingan sekarang sangat irit, seharusnya bisa lebih 'dibuka' lagi.

4. Lensa buku oleh Evyta Ar (http://www.lensabuku.com)
Hal lain yang menarik perhatian saya dalam mengunjungi blog adalah 'fasilitas'nya. Karena bisa menginspirasi untuk blog saya (walau saya gaptek juga sih) Menurut saya blog lensabuku ini komplit. Blog ini menyediakan fasilitas pencarian yang terstruktur. Jadi, bagi yang ingin betah berselancar, bisa menelusuri dengan lebih cepat. Koordinator Divisi Website BBI ini sangat tidak pelit membagi ilmu per-blog-an, tulisan tip-tipnya di forum BBI saya ikuti. Menurut saya, dari sisi teknologi perwebblog-an, lensabuku.com patut menjadi rujukan.

5. Desty Baca Buku oleh Pauline Destinugrainy (https://destybacabuku.wordpress.com/)
Font Desty Baca Buku ini mencuri perhatian saya. Bagus. Beberapa kali saya melihat timeline di twitter, Mbak Desty ini cukup aktif mengikuti kuis menulis resensi. Dan tentu saja sering menjadi pemenang. Satu hal lagi yang saya salut adalah kekonsitenannya menulis resensi. Buku-buku yang diresensi biasanya bertema novel-novel populer, dimana novel jenis sperti ini penggemarnya sangat banyak. Jadi blog mbak desty ini bagus menjadi rujukan novel-novel terkini. Bila melihat kesehariannya sebagai dosen jurusan Biologi, mungkin ia jenuh juga kali ya membaca buku-buku sains, karena itu ia beraktualisasi menyeimbangkannya dengan buku-buku novel. Blog Mbak Desty ini juga sangat rutin dimutakhirkan, sungguh saya salut cara beliau membagi waktunya.

Demikian top five blogger BBI menurut saya, tapi yang lain juga tak kalah top markotop.
Majulah Blogger Buku Indonesia, Selamat Ulang Tahun Bebi.


Helvry Sinaga
Padang, 12 April 2016


You Might Also Like

6 komentar

  1. Wah ini blogger idola saya, yang selalu saya nantikan ulasannya. Terima kasih Bang Helvry. Masalah saya terutama memang pada kegaptekan sehingga tampilan blog saya polos banget. Nanti coba saya belajar nambah widget, Bang. Terima kasih sarannya. Pengen deh belajar punya blog yg interaktif kayak punya mbak Evyta yang keren itu.

    BalasHapus
  2. Terima kasih Bang Epi. Ditunggu selalu ulasan-ulasan buku bagusmu yang bagus sekali itu, Mas. Salam blogger.

    BalasHapus
  3. Dapatkan penghasilan tambahan dari website atau blog Anda dengan bergabung dengan Program Afiliasi dari salah satu toko buku online Indonesia.
    Dengan mereferensikan pengunjung website/blog Anda ke Belbuk.com melalui klik pada link afiliasi, dan apabila pengunjung tersebut berbelanja buku di website kami, maka Anda akan mendapatkan komisi penjualan sebesar 5% dari dari total pembelian. Tidak hanya itu, anda akan mendapatkan komisi secara terus-menerus dalam setiap pembelanjaannya, selama pelanggan tersebut mengakses dari komputer yang menyimpan cookie yang telah mengandung kode afiliasi Anda.

    Bergabung sekarang juga: http://www.belbuk.com/afiliasi

    Terimakasih.

    BalasHapus