Sunday, January 17, 2016

Surat Pembaca


Beberapa hari lalu, sebuah email masuk ke inbox saya. Beberapa pertanyaan di bawah ini mungkin menjadi pertanyaan bagi banyak pengunjung, tentang bagaimana memulai suatu blog buku. Selamat membaca.
------------------------------------------------------------------------------------------------
yonatan aditya

Jan 5 (10 days ago)

to me
Selamat siang mas Helvry, saya Yonatan. saya nemu blog buku mas Helvry waktu lagi iseng" cari review buku buat dibaca. kurang lebih 3 bulan belakangan, saya memiliki ide buat bikin blog review buku. saya pengen nanya beberapa hal kalo boleh ni berhubung dari apa yang saya liat sekilas, blog mas Helvry udah cukup banyak followernya dan juga udah cukup lama aktif di blog tersebut.
 

Helvry: Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya ini. Saya berusaha untuk tetap konsisten mengisinya di tengah kesibukan pekerjaan. Saya senang tulisan ini dapat bermanfaat.

beberapa hal yang ingin saya tanyakan adalah:

1. apa aja persiapan yang menurut mas Helvry perlu disiapin sebelum mulai blog review buku?


Helvry: Pada dasarnya, blog hanya salah satu media dimana suatu tulisan dapat dibaca oleh orang lain. Tidak hanya blog, bisa saja Notes pada Facebook atau review pada Goodreads.com. Yang paling utama adalah hasil pembacaan dibuat tulisannya. Bagaimana cara penuangan hasil bacaan dalam tulisan, banyak resensi/review yang dapat dijadikan acuan.

2. Saya baru aktif membaca buku kurang lebih 1 tahun terakhir dan jumlah buku saya masih kurang dari 20 (hehe). apa jumlah tersebut cukup buat memulai blog saya? yang menjadi pertimbangan saya adalah kalo posting 1 review tiap minggu mungkin akan cukup ke depannya, tapi kalo harus 3-4 posting per minggu saya masih kurang bahan. hehehe

Helvry: Hal yang mendasar dalam menilis blog adalah bukan semata-mata jumlah buku yang dibaca, tetapi bagaimana sebuah isi sebuah tulisan resensi/review atas buku tersebut. Menurut saya, jumlah buku lima buku sekalipun sudah sangat cukup untuk merintis sebuah blog. Orang bijak mengatakan bahwa sebuah perjalanan dimulai dari langkah pertama? demikian juga sebuah blog, pasti dimulai dari satu postingan. Mengenai bagaimana meresensi, Anda bisa pelajari di sumber-sumber lain, ke depan akan saya tuliskan penulisan resensi/review versi saya. Sebagai informasi, postingan resensi saya di blog ini yang termasuk kunjungannya paling banyak, antara lain:
a. Max Havelaar oleh Multatuli 
b. Kuantar ke Gerbang, Kisah cinta Bung Karno dan Inggit Garnasih oleh Ramadhan KH
c. Kumpulan Puisi; Hujan Bulan Juni oleh Sapardi Djoko Damono
d. Koong: Kisah Seekor Perkutut oleh Iwan Simatupang
e. Hari-hari Terakhir Soekarno oleh Peter Kasenda

3. mungkin ini sedikit personal, tapi kalo boleh tau, dengan jumlah follower/subscriber blog yang relatif banyak, apa blog mas Helvry sudah bisa menghasilkan uang? (maaf sebelumnya kalo mungkin sedikit personal)
 

Helvry: sampai saat ini belum menghasilkan uang (dalam arti uang fisik), namun saya sudah mendaftarkan blog ini ke google ad-sense. Tapi saya tidak berharap banyak dari situ. Bagi saya, kepuasan terbesar dalam mengelola blog ini mendapat komentar positif dari pembaca yang merasa informasi di blog ini bermanfaat bagi mereka. Itu membuat saya tambah semangat untuk terus menulis.

4. sejauh ini, buku" yg saya punya rata-rata non fiksi dan hanya dari beberapa pengarang saja (cakupan variasi buku dan jumlah pengarang masih sedikit) apa itu bisa jadi penghambat saat saya mulai blog saya ya?
 

Helvry: Tidak. Sekali lagi  jenis buku tidak berpengaruh banyak. Pengalaman saya menunjukkan bahwa buku yang paling tidak populerpun, dapat ditulis resensinya yang menarik. Bahwa apapun jenis bukunya, silakan berkreasi menulis resensinya. Anda boleh mengitari buku-buku yang saya tulis resensinya di blog ini, kebanyakan bukan buku yang populer. Tapi bagi saya, ukuran keberhasilan seorang blogger buku adalah kekonsistenan membaca dan menulis. Terlepas pageview blognya tinggi atau tidak. Karena untuk menaikkan pageview, harus punya strategi tersendiri, yang nanti akan saya bagikan.


makasih sebelumnya buat mas Helvry kalo bersedia meluangkan waktunya menjawab beberapa pertanyaan ini. sukses terus dengan blognya.


Helvry: sama-sama, Yonatan. Senang bisa berbagi. Saya terbuka menerima masukan maupun komentar, agar kualitas dunia pembacaan dan penulisan kita semakin baik. Salam


4 comments:

Post a Comment

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t

Tinggalkan JEJAK Anda sebagai penanda bahwa Anda membaca dan menimbang tulisan saya :)

----------Oooo---
-----------(----)---
------------)--/----
------------(_/-
----oooO----
----(---)----
-----\--(--
------\_)-